15 Tempat Wisata Aceh termasuk Wilayah Banda dan Tamiang yang Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 29 Januari 2020 21:13
15 Tempat Wisata Aceh termasuk Wilayah Banda dan Tamiang yang Wajib Dikunjungi
Aceh menyuguhkan destinasi wisata yang sangat beragam. Simak di sini ya untuk rekomendasi wisatanya.

Berada di ujung utara Pulau Sumatera, Aceh juga tak kalah menarik sebagai destinasi wisata. Provinsi yang juga mendapat julukan Serambi Mekah ini memiliki banyak wisata yang cukup beragam dan mempesona. Dari wisata pegunungan hingga pantai bisa kamu jumpai di Aceh. Tak hanya itu, provinsi ini juga sarat dengan sejarah.

Nah, bila kamu ingin merencanakan berlibur ke Aceh dalam waktu dekat, berikut ini Diadona sajikan beragam destinasi wisata Aceh yang telah dirangkum dari berbagai sumber (29/01). Yuk, cek berbagai wisatanya di bawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Aceh

Aceh menyuguhkan sederet wisata dengan panorama yang mempesona. Di bawah ini beberapa rekomendasi tempat wisata buat kamu yang berencana menghabiskan liburan di Aceh. Langsung cek yuk destinasi wisatanya.

1. Pulau Rubiah

      View this post on Instagram

A post shared by AWESOME ACEH |#Awesomeaceh (@awesomeaceh) on

Wisata Aceh berupa pulau cantik ini berada di Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Daya tarik utama Pulau Rubiah ini terletak pada keindahan bawah lautnya. Biota laut yang dilindungi, ikan-ikan tropis hingga terumbu karang cantik bisa kamu jumpai di sini. Tak hanya keragaman bawah lautnya saja yang indah, panorama pantainya juga enggak kalah menawan dengan airnya yang berwarna jernih.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ikonik di Aceh ini pastinya enggak boleh kamu lewatkan. Dibangun pada tahun 1612, Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu tempat yang bersejarah bagi masyarakat Aceh. Salah satunya sebagai tempat berlindung saat peristiwa bencana tsunami pada 2004 silam.

Bangunan masjid ini sangat megah dengan didominasi warna putih pada dindingnya. Sangat kontras dengan kubahnya yang berwarna hitam. Adanya taman dan kolam besar di area depan masjid semakin membuat Masjid Raya Baiturrahman mempesona.

3. Danau Laut Tawar

      View this post on Instagram

A post shared by AWESOME ACEH |#Awesomeaceh (@awesomeaceh) on

Dengan memiliki luas sekitar 5.472 hektar, pemandangan Danau Laut Tawar sangat memanjakan mata. Telebih lagi jika kamu melihatnya dari ketinggian. Wisata Aceh yang cantik ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Dari kawasan ini, kamu bisa menyaksikan hampir seluruh Kota Tangekon. Selain itu, jika kamu ingn menyaksikan keindahan danau ini lebih dekat juga tersedia perahu motor yang bisa kamu sewa.

4. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam bisa menjadi destinasi wisata alam lainnya yang bisa kamu nikmati di Aceh. Air terjun ini menyuguhkan panorama yang masih alami dan asri. Di sekelilingnya, kamu bisa menyaksikan tetumbuhan hijau yang rindang. Airnya pun juga nggak kalah menyegarkan.

Air Terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun ini juga disebut dengan air terjun kembar karena adanya dua aliran air terjun yang berdampingan. Nah, kamu bisa menikmati keindahan wisata Aceh ini di Desa Sidomulyo, Nisam Antara, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

2 dari 4 halaman

Wisata Banda Aceh

Pasti kita sudah sering mendengar ya nama kota Banda. Ibukota provinsi Aceh ini pastinya juga memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Simak di bawah ya untuk rekomendasi wisatanya.

1. Museum Negeri Aceh

Berwisata sambil menambah pengetahuan bisa banget kamu dapatkan di Museum Negeri Aceh. Museum yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini menyajikan beragam koleksi peninggalan sejarah suku Aceh sejak zaman prasejarah. Beberapa diantaranya seperti alat rumah tangga, pakaian tradisional. perkakas, dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

Di Museum Negeri Aceh ini juga terdapat dokumentasi foto sejarah, koleksi manuskrip kuno dan rumah tradisional Aceh yang ikonik. Rumah Aceh ini sebelumnya pernah dipamerkan di Semarang sebelum museum ini diresmikan tahun 1915. Jika kamu tertarik mengunjungi Museum Negeri Aceh, kamu bisa langsung menuju Jl. Sultan Mahmudsyah No. 10, Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

2. Pantai Alue Naga

      View this post on Instagram

A post shared by Super.fg (@super_fgr) on

Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Banda Aceh, kamu bisa menikmati panorama cantik Pantai Alue Naga. Wisata Aceh ini terpatnya terletak di Gompong Alue Naga, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Pantai Alue Naga ini menjadi destinasi wisata yang tepat buat kamu yang suka berburu panorama sunset yang indah.

Keindahan pemandangan matahari terbenam di kawasan ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Alue Naga. Selain menikmati sunset-nya, di sekeliling pantai ini kamu juga bisa menjumpai hamparan hutan mangrove yang indah.

3. Simpang Mesra

Tak hanya berkunjung ke tempat wisatanya saja, pasti belum lengkap rasanya jika kamu belum berburu kulinernya juga. Kawasan Simpang Mesra di Kota Banda ini sangat cocok sebagai tempat berburu beragam kuliner, termasuk juga kuliner tradisional Aceh. Pastinya tak hanya enak, tapi harganya cukup terjangkau.

4. Taman Putroe Phang

      View this post on Instagram

A post shared by Banda aceh (@wisata_bandaaceh) on

Taman Putroe Phang atau Taman Putri Pahang termasuk salah satu tempat bersejarah di Kota Banda. Taman ini sebagai bukti cinta Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya, Putroe Phang dari Kerajaan Pahang agar tak kesepian saat Sang Sultan menjalankan pemerintahan.

Sekarang, taman ini menjadi wadah kreatifitas anak muda di Kota Banda sekaligus tempat rekreasi murah meriah bagi masyarakat sekitar. Di akhir pekan, di taman ini sering diadakan pertunjukan seni baik musik, tari atau pertunjukkan seni lainnya. Letaknya Taman Putroe Phang ini juga sangat strategis karena berada di tengah-tengah kota.

3 dari 4 halaman

Wisata Aceh Tamiang

Daerah Ketapang menawarkan beragam wisata, terutama alam yang mempesona. Nah, jika kamu berencana berkunjung ke kabupaten ini, cek dulu yuk sederet destinasi wisatanya di bawah ini.

1. Pantai Kuala Ketapang

Kamu mencari destinasi wisata yang menenangkan dan sepi di daerah Tamiang? Pantai Kuala Ketapang bisa jadi pilihan yang tepat. Meski cukup terkenal sebagai wisata favorit masyarakat sekitar, Pantai Kuala Tamiang ini bisa dikatakan jauh dari kesan ramai. Pastinya sangat cocok kan buat kamu yang ingin menenangkan pikiran sejenak. Lokasinya pun juga cukup jauh dari kota.

Pantai Kuala Ketapang memiliki panorama pantai yang juga enggak kalah indah dengan pasir berwarna putih kecokelatan. Sayangnya, askes ke pantai ini melalui jalur darat masih belum lah terlalu bagus. Alternatif lain yang bisa kamu coba yakni melalui jalur laut dengan menaiki perahu, sampan, atau boat dari dermaga Tanjung Keramat.

2. Air Terjun Sangka Pane

      View this post on Instagram

A post shared by arif (@photo_arif87) on

Daerah Tamiang juga memiliki air terjun yang terkenal dengan panoramanya yang indah. Terletak di balik perbukitan Aceh Tamiang, Air Terjun Sangke Pane atau biasa juga disebut dengan Air Terjun 17 Tingkat ini menawarkan keindahan air terjun yang masih alami dengan pepohonan hijau di sekelilingnya yang membuatnya nampak asri.

Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota Tamiang yakni sekitar 50 km tapi semuanya akan terbayar saat kamu sampai di wisata Aceh ini. Kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun ini secara langsung di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang.

3. Air Terjun Tujuh Tingkah

Selain Air Terjun Sangka Pane, Air Terjun Tujuh Tingkat juga menyuguhkan panorama yang tak kalah indah. Seperti namanya, aliran air terjun ini memiliki tujuh tingkatan. Pemandangan di sekelilingnya yang asri dan lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadi alasan lainnya mengapa air terjun ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Soal tarif masuknya kamu juga enggak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

4 dari 4 halaman

Wisata Aceh Besar

Kabupaten Aceh besar, sama seperti wilayah di Aceh lainnya juga memiliki destinasi wisata yang indah. Dari wisata sejarah sampai alam, semuanya bisa kamu temui di sini. Berikut ini beberapa tempat wisata di daerah Aceh Besar.

1. Benteng Inong Balee

Di Aceh Besar kamu bisa menjumpai benteng bersejarah yang berusia hampir 5 abad. Benteng ini dibangun oleh perempuan pejuang Aceh yang digunakan sebagai tempat perjuangan sekitar 2000 pasukan yang sebagian besar kaum perempuan di masa penjajahan Portugis. Tak hanya itu, benteng ini dulunya juga berfungsi sebagai akomodasi bagi janda yang suaminya terbunuh dalam pertempuran.

Terletak di Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang kamu bisa menyaksikan sisa-sisa kemegahan benteng ini sekaligus mengenang sejarah perjuangan Keumalahayati beserta dengan pasukannya. Tak hanya reruntuhan benteng saja, kamu juga akan disuguhi panorama pegunungan dan pantai berair jernih yang indah.

2. Air Terjun Suhom

      View this post on Instagram

A post shared by Kumpulan Destinasi Wisata (@tentangliburan) on

Tempat wisata Aceh Besar lainnya yang wajib kamu kunjungi yakni Air Terjun Suhom. Berada di dua desa, Desa Suhom dan Desa Kreung Kala, air terjun ini menawarkan pemandnagan yang mempesona sekaligus asri. Air terjun Suhom sendiri memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dipadu dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya membuat wisata Aceh ini menjadi sempurna. Airnya yang segar dan jernih pastinya membuat kamu ingin cepat-cepat berenang saat sampai di air terjun ini.

3. Pantai Ujong Batee

Satu lagi pantai yang indah di wilayah Aceh yakni Pantai Ujong Batee. Buat kamu yang mencari kesunyian, pantai ini juga bisa menjadi destinasi yang tepat. Dari Pantai Ujong Batee kamu bisa menyaksikan panorama indah laut Selat Malaka dan juga Pulau Weh di ujung lautan. Semakin indahnya lagi, di pinggir wisata Aceh ini kamu juga bisa menjumpai jejeran pohon pinus yang menambah kesan asri dari Pantai Ujong Batee.

4. Pantai Lampuuk

      View this post on Instagram

A post shared by ACEH CLUB (@vceh.co) on

Memiliki pasir berwarna putih bersih, keindahan Pantai Lampuuk memang enggak perlu diragukan lagi. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan sering digunakan sebagai spot surfing bagi kalangan peselancar. Enggak hanya peselancar lokal saja, tapi juga mancanegara. Pantai ini semakin sempurna dengan jajaran pohon pinus di pinggir pantainya.

Bagaimana sederet tempat wisata Aceh di atas? Menarik semuanya, ya. Jika kamu juga punya rekomendasi wisata Aceh lainnya kamu juga bisa lho menulisnya di kolom komentar. Selamat liburan!

Beri Komentar