15 Tempat Wisata di Jepang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi Saat Musim Semi maupun Dingin

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 23 Januari 2020 22:43
15 Tempat Wisata di Jepang yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi Saat Musim Semi maupun Dingin
Jepang, sebagai salah satu negara destinasi di Asia menawarkan wisata yang sangat beragam. Di bawah ini rekomendasi tempat wisata di Jepang saat musim semi maupun dingin.

Jepang menjadi salah satu negara destinasi wisata yang menarik di Asia. Tak hanya teknologi dan industrinya saja yang terkenal, budaya serta deretan wisatanya juga tak kalah populer sebagai destinasi liburan. Ditambah lagi dengan keindahan bunga sakuranya, pastinya Jepang menjadi destinasi wisata yang sempurna.

Sebagai negara dengan empat musim, pastinya Jepang menawarkan wisata yang menarik untuk kamu nikmati di setiap musimnya. Melansir dari berbagai sumber (23/01), berikut ini ulasan 15 tempat wisata di Jepang yang wajib kamu kunjungi termasuk juga saat musim semi maupun dingin. Yuk, simak ulasannya di bawah ini, ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Osaka Jepang

Selain Tokyo, Osaka juga menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jepang. Jika kamu juga tertarik berkunjung ke kota satu ini, simak dulu yuk beragam rekomendasi wisatanya berikut ini. Gulir ke bawah, ya.

1. Kaiyukan

      View this post on Instagram

A post shared by @thousand.yy on

Tak hanya di Okinawa, Osaka juga memiliki akuarium yang enggak kalah besar dan menarik yaitu Kaiyukan. Tempat wisata di Jepang ini menyajikan koleksi biota laut yang kebanyakan berasal dari Samudra Pasifik. Terdapat 15 akuarium raksasa di Kaiyukan yang bisa kamu nikmati. Selain itu, ada juga area interaktif dimana kamu bisa menyaksikan tingkah lucu penguin rockhopper dan anjing laut melalui dinding kaca.

Kaiyukan sendiri berlokasi di Kaigandori dan menghadap ke Teluk Osaka. WTempat wisata di Jepang ini juga berdekatan dengan Tempozan Ferris Wheel yang juga menjadi salah satu destinasi populer di Osaka.

2. Tempozan Ferris Wheel

      View this post on Instagram

A post shared by Jasmin Crosthwaite (@jasmincrosthwaite) on

Di destinasi wisata sebelumnya, kita sudah menyinggung sedikit ya tentang Tempozan. Seperti namanya, Tempozan Ferris Wheel adalah bianglala raksasa dengan ketinggian sekitar 112,5 meter. Satu kali putaran, bianglala ini memerlukan waktu sekitar 17 menit.

Sepanjang 17 menit, kamu bisa menyaksikan keindahan kota Osaka dari ketinggian. Mulai dari Jembatan Akashi Kikayo, Gunung Rokko, Bandara Internasional Kansai, sampai Pusat Kota Osaka bisa kamu nikmati dari atas bianglala raksasa ini. Tempozan Ferris Wheel buka setiap pukul 10 pagi sampai 09.30 malam.

3. Kastil Osaka

      View this post on Instagram

A post shared by ???????????????????? (@_megelizabethh_) on

Berada di tengah-tengah Kota Osaka, kastil megah ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Osaka yang enggak boleh kamu lewatkan. Kastil Osaka juga termasuk dari tiga kastil terbesar di Jepang. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Kastil Osaka yakni adanya ribuan pohon sakura yang bisa kamu nikmati.

Kastil yang mulai dibangun tahun 1583 ini akan semakin cantik ketika musim semi saat bunga sakura bermekaran. Biasanya, pada saat itu banyak pengunjung yang datang untuk hanami. Hanami sendiri adalah sebuah tradisi menikmati bunga sakura biasanya dengan berpiknik atau pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

4. Tenjinbashi-Suji Shopping Street

      View this post on Instagram

A post shared by Jen Eats in Toronto (@jeneats.to) on

Tenjinbashi-Suji Shopping Street ini merupakan surga belanja bagi para wisatawan yang sudah terkenal di Osaka. Membentang seluas hampir 2 km, kamu bisa menjumpai berbagai macam barang seperti pakaian, bahan makanan, makanan ringan, sepatu, dan sebagainya. Harga di kawasan ini juga relatif terjangkau, terutama produk fashion.

Selain sebagai tempat perbelanjaan, di Tenjinbashi-Suji Shopping Street juga ada festival dan event yang diadakan setiap bulannya. Menjelang malam, kawasan ini akan semakin semarak dengan lampu-lampu yang terang dari setiap tokonya.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jepang Saat Musim Semi

Musim semi merupakan salah satu musim yang terindah di Jepang. Pada musim ini, bunga sakura mulai bermekaran. Tak hanya berhubungan dengan bunga sakura, berikut ini beberapa destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat musim semi di Jepang.

1. Takayama Old Town, Gifu

      View this post on Instagram

A post shared by YOUR JAPAN (@itsyourjapan) on

Saat menjelang musim semi, kawasan Kota Tua Takayama ini akan sibuk dengan tradisi Festival Musim semi Takayama. Festival ini juga termasuk salah satu festival yang populer dan indah di Jepang dengan menampilkan tandu shinto, parade mobil hias, dan pertunjukkan boneka yang diarak mengelilingi kota. Saat malam, suasananya juga tak kalah meriah dengan seratus lampion kertas yang menerangi kota ini.

2. Shirai Omachi Fuji Park

      View this post on Instagram

A post shared by ilovenature (@iloveflowerlandscape) on

Shirai Omachi Fuji Park menjadi destinasi wisata lainnya yang menarik saat musim semi. Taman cantik ini terletak di kawasan Shirai, Asago City, Prefektur Hyoya, Jepang. Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat asri dengan bunga-bunga yang bermekaran berbeda setiap tahunya. Karena, memang tempat wisata di Jepang ini memiliki banyak varietas tanaman. Salah satu daya tarik dariaman Shirai Omachi Fuji adalah banyaknya pohon wisteria yang akan sangat cantik saat bunganya bermekaran. Saat musim semi, waktu terbaik untuk brkunjung di taman ini yakni di akhir April sampai awal Mei.

3. Hitachi Seaside Park

      View this post on Instagram

A post shared by Japan Nikon ??? (@daisuke_clover) on

Dengan memiliki luas sekitar 350 hektar, Hitachi Seaside Park menyajikan hamparan bunga baby blue atau sering disebut juga dengan Nemophilia Menziesii. Lokasinya berada di Prefektur Ibaraki, sekitar 2 jam dari dari Kota Tokyo. Bunga cantik berwarna biru muda ini akan bermekaran di musim semi dan memenuhi Bukit Mirahashi. Kamu bisa menjelaahi bukit sambil menikmati hamparan bunga baby blue atau juga dengan bersepeda menyusuri jalurnya yang indah.

4. Kawachi Fujien

      View this post on Instagram

A post shared by ?????????? (@rakutentravel) on

Taman indah selanjutnya untuk menikmati musim semi yakni Kawachi Fujien. Taman yang sudah berdiri sejak tahun 1977 ini sudah terkenal sebagai tempat menikmati musim semi di Jepang. Pergola dengan dihiasi bunga warna-warni yang tertata indah menjadi salah satu daya tarik dari Taman Kawachi Fujien.

Di kawasan ini, kamu bisa merasakan sensai berjalan di bawah pergola sepanjang 220 meter dan 80 meteryang berhias bunga. Tak hanya musim semi saja, di musim gugur tempat wisata di Jepang ini juga akan bertransformasi menjadi taman bunga yang indah. Waktu terbaik berkunjung ke Taman Kawachi Fujien saat musim semi yakni di awal bulan Mei.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Ada beberapa tempat wisata di Jepang yang sangat sayang jika kamu lewatkan. Ini dia beberapa tempat wisata di Jepang yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Langsung saja simak di bawah ini, yuk!

1. Fujiko F. Fujio Museum

      View this post on Instagram

A post shared by ??????? ?????? (@adityalogy) on

Kamu penggemar karakter Doraeomon, Nobita, dan kawan-kawannya? Jika iya, kamu harus menyempatkan berkunjung ke Museum Fujiko F. Fujio yang berada di daerah Kanagawa. Di museum ini, kamu bisa menjumpai beragam karakter di kartun Doraeomon dalam bentuk patung yang berpose dalam berbagai tempat yang sudah sangat familiar. Diantaranya seperti kamar nobita, pintu kemana saja, dan lapangan bermain dengan tiga pipa yang sering muncul di serial kartun maupun manganya. Setelah selesai berjalan-jalan, kamu bisa sekalian mencicipi kue dorayaki dan beragam makanan berhias doraemon lainnya.

2. Tokyo Tower

      View this post on Instagram

A post shared by Hiroto Sakakibara (@sakaki0325) on

Kata Tokyo Tower pasti sudah akrab ya di telinga kita. Terletak di Shibakoen Minato, Tokyo tower menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Jepang. Tokyo Tower ini memiliki tinggi sekitar 333 meter dan merupakan simbol dari kebangkitan perekonomian Jepang pasca perang dunia.

Dari menara ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan kota Tokyo dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Pemandangan Kota Tokyo ini akan semakin cantik jika kamu saksikan di malam hari. Untuk menikmatinya, kamu perlu membeli dua tiket masuk. Pertama, saat di lantai dasar. Selanjutnya, jika kamu ingin menikmati Kota Tokyo di ruang observasi khusus, kamu perlu membeli tiket tambahan lagi.

3. Shiogama Jinja

      View this post on Instagram

A post shared by Pablo Saccinto (@pablosaccinto) on

Berwisata sejarah dan budaya di Jepang bisa kamu nikmati dengan mengunjungi Kuil Shiogama Jinja. Kuil yang berdiri sejak abad ke-9 ini merupakan salah satu kuil Shinto tertua sekaligus salah satu kuil yang sangat penting di Kota Shiogama. Oleh masyarakat setempat kuil Shiogama Jinja dipercaya sebaga penjaga nelayan dan kelahiran bayi. Di dalam kompleks kuil yang yang dibangun pada periode Edo ini, kamu juga bisa berkunjung ke museumnya yang menyajikan koleksi benda bersejarah pada zaman itu.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jepang Saat Musim Dingin

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang rekomendasi tempat wisata saat musim semi di Jepang, kali ini yuk kita bahas wisata musim dinginnya. Pastinya, wisata musim dingin di Jepang juga nggak kalah menarik dari musim lainnya. Di bawah ini beberapa tempat wisata di Jepang yang menarik untuk dikunjungi saat musim dingin.

1. Festival Sapporo

      View this post on Instagram

A post shared by @hxx_x11 on

Festival Sapporo atau biasa juga disebut dengan Festival Salju Sapporo bisa menjadi salah satu destinasi menarik menikmati musim dingin di Jepang. Festival ini berlangsung selama satu minggu penuh dan merupakan salah satu yang terbesar di Jepang. Di Festival Sapporo, kamu bisa menikmati pemandangan lebih dari 400 patung es beraneka bentuk dan ukuran sembari menyantap kuliner lezat. Pada malam hari, patung es ini akan semakin indah dengan lampu yang menyinarinya. Festival Sapporo biasanya diadakan pada minggu pertama bulan Februari setiap tahunyya.

2. Ginzan Onsen

      View this post on Instagram

A post shared by TRAVEL - NATURE - ADVENTURE (@wanderlust.duo_) on

Saat musim dingin memang waktu yang sangat pas untuk berendam di pemandian air panas atau di Jepang disebut dengan onsen. Salah satu onsen yang menarik sekaligus paling bersejarah di Jepang yaitu Ginzan Onsen. Onsen ini terletak di Prefektur Yamagata, Tohoku.

Nuansa Jepang awal abad ke-20an juga sangat terasa kental di kota kecil ini. Menariknya lagi, suasana penginapan pemandian air panas di kawasan ini mirip dengan suasana onsen seperti dalam film animasi besutan studio Gibli Spirited Away.

3. Nabana No Sato Winter Illumination

      View this post on Instagram

A post shared by Moco Museum (@mocomuseum) on

Pertunjukan iluminasi memang sangat populer di Jepang saat musim dingin. Salah satu yang terkenal sangat indah yaitu festival iluminasi musim dingin yang ada di Nabana No Satu, Prefektur Mie. Iluminasi di kawasan ini sangat indah dengan berhias sekitar 8 juta lampu LED. Setiap tahunya, pertunjukkan iluminasi di Nabana Bo Sato memiliki tema yang berbeda-beda. Salah satu pertunjukkan yang akan tetap sama dan menjadi daya tarik utamanya yakni terowongan cahaya spanjang 200 meter.

4. Bessho Onsen, Nagano

      View this post on Instagram

A post shared by ?? ??? (@uematsuya) on

Selain Ginzan Onsen, Bessho juga bisa menjadi alternatif menikmati onsen. Bessho Onsen ini merupakan kota persinggahan pemandian air panas yang berada di luar pusat kota Ueda di Prefektur Nagano. Bessho Onsen juga termasuk kawasan onsen tertua di Nagano.

Satu hal yang perlu diingat yakni onsen ini akan tutup setiap hari Rabu di minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Selain menikmati pemandian air panasnya, kamu juga bisa sekalian berjalan-jalan mengelilingi kotanya. Sepanjang kota, kamu bisa menemukan kuil-kuil, toko, dan juga restoran.

Bagaimana tempat wisata Jepang di atas? Sangat menarik, ya. Sekarang, kamu bisa nih mulai merencanakan akan berkunjung ke destinasi wisata mana saat berlibur di Jepang nanti.

Beri Komentar