15 Tempat Wisata di Sukabumi, Mulai dari Alam Hingga Kuliner

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 3 Januari 2020 17:55
15 Tempat Wisata di Sukabumi, Mulai dari Alam Hingga Kuliner
Sukabumi juga memiliki beragam tempat wisata alam dan kuliner yang sangat menarik.

Jawa Barat memang kaya akan destinasi wisata. Banyak daerah yang menyuguhkan beragam tempat menarik yang sangat pas untuk dijadikan pilihan berakhir pekan atau menghabiskan liburan. Jika biasanya Bandung dan Bogor menjadi tujuan wisata populer di Jawa Barat, sesekali kamu juga harus mencoba berkunjung ke Sukabumi yang tak kalah menarik dan indah.

Letak dari Sukabumi sendiri juga cukup terjangkau dari ibukota yaitu sekitar 3-4 jam perjalanan. Selain itu, suasananya yang asri dan sejuk menjadikan Sukabumi sebagai alternatif wisata menarik buat kamu yang ingin sejenak menyegarkan pikiran. Banyak tempat wisata, terutama alam yang bisa kamu jadikan pilihan selain juga wisata kulinernya yang wajib kamu coba.

Nah, apa saja itu? Melansir dari berbagai sumber, simak yuk beragam tempat wisata alam dan juga kuliner Sukabumi di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Sukabumi

Sama halnya dengan Bogor dan Bandung, Sukabumi juga memiliki pesonanya sendiri dalam hal wisata. Beragam tempat wisata bisa kamu jumpai di daerah satu ini. Berikut, beberapa tempat wisata di Sukabumi yang menarik.

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Banyak curug atau air terjun di Sukabumi yang memiliki keunikan, salah satunya Curug Cikaso. Di tempat wisata Sukabumi satu ini kamu akan menjumpai tiga air terjun yang mengalir bersisihan sekaligus. Menarik banget, kan?

Selain itu, dasar dari curug yang berwarna kehijauan juga menambah daya tarik dari tempat wisata Sukabumi ini. Untuk menikmati keindahan Curug Cikaso dari dekat, kamu juga bisa menyewa perahu seharga sekitar Rp. 60 ribu sampai Rp. 70 ribu per 10 orang.

2. Goa Buniayu

Buat kamu yang menyukai petualangan dan tantangan, kamu harus mencoba mengunjungi goa yang satu ini. Di Goa Buniayu sendiri terdapat tiga buah goa yang memiliki tantangan tersendiri di masing-masing goanya. Namun, hanya dua goa saja yang terbuka untuk umum. Saat memasuki goa ini, kamu akan disuguhi dengan ornamen geologi menarik yang tercipta melalui proses alami selama ribuan tahun.

3. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Jika kamu ingin berwisata budaya, Kampung Ciptagelar bisa menjadi pilihan menarik yang bisa kamu coba. Kampung Ciptagelar sendiri merupakan kampung adat yang berlokasi di Sukabumi. Di kampung ini, kamu bisa merasakan kehidupan pedesaan dengan tradisi yang masih kental di masyarakatnya, termasuk dengan bangunan rumah khasnya.

4. Pantai Ombak Tujuh

Nama dari pantai ini bukan tanpa alasan. Nama Pantai Ombak Tujuh sendiri berasal dari ombak-ombak besar yang biasanya berjalan beriringan menuju pantai dan pecah menabrak karang. Salah satu tempat wisata Sukabumi ini menawarkan keindahan pantai dengan air jernih dan pasir putih yang cantik. Pantai Ombak Tujuh sendiri berada di kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata Sukabumi

Destinasi wisata Sukabumi memang sangat beragam. Karena itu, berkunjung ke Sukabumi bisa menjadi alternatif yang menarik buat kamu dan keluarga. Sebelum itu, cek dulu yuk beberapa rekomendasi tempat wisata Sukabumi di bawah ini.

1. Pasir Datar Indah

Sesuai dengan namanya, panorama alam di Pasir Datar Indah memang enggak diragukan lagi keindahannya. Disini, kamu bisa melihat pemandangan asri dari bukit-bukit perkebunan. Tak hanya itu, dari kawasan ini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan langsung dari gunung Gede Parango dengan hutan pinusnya yang indah.

2. Jembatan Gantung Situgunung

Jembatan Gantung Situgunung

Salah satu tempat wisata di Sukabumi yang populer yaitu Jembatan Gantung Situgununug. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 240 meter ini masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jika berkunjung ke Jembatan Gantung Situgunung, siap-siap menyiapkan kamera ya karena kamu pasti ingin mengabadikan keindahan panorama dari atas Jembatan Situgunung ini.

3. Santa Sea Waterpark

Ingin berlibur di pusat kota Sukabumi saja? Santa Sea Waterpark bisa menjadi pilihan yang menarik. Waterpark satu ini mengusung tema bajak laut dengan berbagai wahana menarik yang ditawarkan. Santa Sea Waterpark sendiri dibangun di atas sumber air panas. Kamu juga bisa merasakan sumber air panas ini dalam wahana yang bernama Japanese Hot Spring. 

Tak hanya itu, banyak wahana menarik lainnya yang bisa kamu jumpai di kawasan wisata ini seperti kolam ombak, kolam arus, air terjun buatan Niagara Waterfall, kebun binatang mini, dan masih banyak lagi. Santa Sea Waterpark sendiri berlokasi di Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang, Kota Sukabumi.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Sukabumi

Bila berkunjung ke Sukabumi belum lengkap rasanya jika belum mencoba wisata kulinernya. Banyak ragam kuliner enak yang wajib kamu coba saat berlibur ke salah satu kabupaten di Jawa Barat ini. Penasaran ada apa saja? Melansir dari liputan6 (03/01), berikut beragam wisata kulinernya.

1. Mochi Kaswari Lampion

Ilustrasi Mochi

Sukabumi memang terkenal sebagai sentra mochi di Jawa Barat. Salah satu mochi yang wajib kamu coba yakni Mochi Kaswari lampion. Di tempat ini, kamu bisa menikmati mochi dengan beraneka macam isian seperti wijen kacang, cokelat, keju, dan masih banyak lagi. Lokasi Mochi Kaswari Lampion sendiri berada di Jl. Bhayangkara, Gg. Kaswari II, No. 9 dan 19, Sukabumi.

2. Bandros Atta Sukabumi

Jika kamu belum mengetahui apa itu bandros, bandros adalah kue tradisional yang sudah terkenal sejak jaman dulu. Kue bandros biasanya terbuat dari kelapa muda sedang yang diparut kasar, santan kental, tepung beras, dan juga garam. Bandros Atta merupakan salah satu bandros legend di Sukabumi yang pertama kali dibuat oleh Mbah Atta dan mulai dijual pada tahun 1973-an.

Selain itu, Bandros Atta juga terkenal paling otentik diantara bandros-bandros lainnya di Sukabumi. Untuk menikmatinya, kamu bisa membeli bandros Atta di pinggir jalan Gudang mulai dari jam 8.30 malam sampai jam 6 pagi.

3. Bubur Bu Nut

Ilustrasi Bubur Ayam

Bubur Bu Nut merupakan bubur paling populer dan legendaris di Sukabumi. Bubur di tempat ini rasanya sangat gurih, terlebih jika kamu mencampurnya dengan usus dan ati ampela. Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli bubur Bu Nut yang berlokasi di Jl. Siliwangi 93/13.

4. Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie

Satu lagi kuliner yang legendaris di Sukabumi yaitu Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie. Roti Priangan satu ini sudah berdiri sejak 1943 dan berlokasi di Jl. Parigi Blok A2 No.31. Cara pemasaran roti ini yang memakai gerobak sejak awal sampai sekarang, menjadi ciri khas dari roti priangan d/h Oey Tjiang Lie. Untuk variannya, kamu enggak perlu khawatir karena terdapat beragam varian seperti roti kismis, roti nanas, roti keju, roti tanduk, roti cokelat, roti gula susu, dan roti pisang cokelat. 

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Sukabumi

Sukabumi memang kaya akan wisata alam yang memang menjadi destinasi utamanya. Berikut ini beberapa wisata alam Sukabumi yang bisa kamu jadikan alternatif pilihan wisata. Yuk, cek apa saja destinasi wisatanya.

1. Sabana Puncak Pilar

Sabana Puncak Pilar menyuguhkan pemandangan hijau perbukitan yang menyegarkan mata dengan berbagai spot foto menarik di sekitarnya. Di kawasan ini, kamu bisa berfoto di berbagai spot foto menarik yang banyak tersebat di sekitar tempat wisata Sukabumi satu ini. Salah satu waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Pilar yaitu pada saat matahari terbit dimana kamu bisa menyaksikan indahnya matahari yang muncul dari balik gunung.

2. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan

Untuk mencapai pantai yang satu ini, memang kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Tapi, jangan khawatir karena hal ini sebanding dengan keindahan Pantai Cipanarikan. Pantai Cipanarikan sendiri memiliki pasir putih yang cantik dan halus dengan bibir pantai yang lebar.

3. Air Terjun Cimarinjung

Tak hanya Curug Cikaso, air terjun Cimarinjung juga memiliki pesona dan kecantikan yang tak kalah mempesona. Suasana alami dan asri yang masih terjaga di sekitar Curug Cimarinjung menjadi salah satu daya tarik dari salah satu tempat wisata di Sukabumi ini. Lokasi air terjun indah ini sendiri berada di Ciemas, Sukabumi.

4. Bukit Teletubbies

Pasti kamu sudah akrab dengan bukit yang satu ini. Tak hanya di Bromo maupun Blitar, kamu juga bisa menjumpai Bukit Teletubbies di Sukabumi. Gundukan tanah hijau dengan angin yang sejuk bisa kamu nikmati saat berkunjung ke tempat wisata yang berada di wialayah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap ini.

Nah, itu dia beragam tempat wisata di Sukabumi, baik alam maupun kulinernya. Sekarang, kamu bisa nih mulai memilih tempat mana yang akan kamu kunjungi saat berlibur di daerah ini.

Beri Komentar