15 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Murah dan Dekat dengan Stasiun serta Buka sampai Malam

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 8 Januari 2020 18:20
15 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Murah dan Dekat dengan Stasiun serta Buka sampai Malam
Berikut ini wisata kuliner khas Bogor yang melegenda dan harus kamu coba saat berkunjung di Bogor.

Berbicara tentang destinasi wisata populer di Jawa Barat, salah satu yang menjadi favorit yaitu Bogor. Beragam destinasi wisata, terutama alam memang bisa dengan mudah kamu jumpai di kota hujan ini. Selain wisata alamnya, Bogor juga memiliki kuliner khas yang lezat dan beragam.

Banyak destinasi wisata kuliner yang bisa kamu coba saat berlibur ke Bogor. Sayang banget kan jika sudah datang ke kota ini namun nggak mencoba kuliner khasnya. Untuk itu, yuk simak berbagai destinasi wisata kuliner yang sudah dirangkum dari berbagai sumber (08/01) di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner Bogor

Bogor memang kaya akan kuliner khasnya yang melegenda. Sayang banget jika kamu enggak mencoba beberapa kuliner khas Bogor ini saat berkunjung. Berikut ini kami sajikan rekomendasi tempat wisata kuliner Bogor yang melegenda dan khas.

1. Soto Bogor Pak Salam

Saat berwisata ke Bogor belum lengkap jika kamu belum mencoba soto khas Bogor. Soto Bogor Pak Salam termasuk salah satu wisata kuliner Bogor yang melegenda dan sudah ada sejak 80-an. Soal rasa pastinya nggak usah di tanyakan lagi ya.

Di tempat ini, kamu bisa memilih jenis daging yang kamu inginkan seperti limpa, paru, kikil sapi, babat, dan usus. Tapi, siap-siap untuk antre panjang ya karena biasanya orang-orang sudah datang bahkan sebelum soto ini buka!

2. Cungkring Pak Jumat

Ilustrasi Makanan Cungkring

Buat kamu yang belum tahu, cungkring dalam bahasa Sunda memiliki arti kikil sapi. Kuliner ini terdiri dari cungkring yang dimasak bumbu kuning, lontong, rempeyek, dan tempe goreng. Lalu, disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Menggoda selera banget, kan?

3. Es Bir Kotjok Si Abah

Meski bernama bir, jangan khawatir karena minuman ini nggak mengandung alkohol sama sekali. Malah, es bir kocok terbuat dari bahan alami yaitu kayu manis, jahe, dan gula aren yang kemudian dikocok. Ditambah dengan es yang dingin, minuman ini akan membuatmu segar kembali setelah seharian berkeliling kota Bogor. Berlokasi di Jl. Suryakencana No. 291-299, Gng Aut, Bogor, Es Bir Kotjok Si Abah biasa buka mulai pukul 09.30 sampai 17.30 WIB.

4. Toko Asian " Asli Bogor"

Toko Asian " Asli Bogor" bisa dibilang sebagai pelopor asinan di kota Bogor. Toko ini menjual berbagai macam asinan buah dengan disiram saus pedas yang nikmat. Cocok banget kan sebagai santapan saat cuaca sedang panas. Kamu bisa menikmati kuliner yang berdiri sejak tahun 1967 ini di Jl. H. Juanda No. 90, Bogor.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat

Selain berbagai makanan di atas, masih banyak lagi wisata kuliner Bogor yang bisa kamu coba. Ada beberapa kafe menarik juga, lho. Ini beberapa daftarnya.

1. Sop Buah Pak Ewoh

Kamu mencari yang segar-segar di kota Bogor, sop buah Pak Ewoh jawabannya. Di wisata kuliner Bogor ini kamu bisa menikmati nikmatnya buah segar yang dipadukan dengan susu serta es yang dingin. Tempatnya pun juga cukup nyaman. Saat ini, Sop Buah Pak Ewoh sudah memiliki dua cabang yaitu di Jl. Haur Jaya dan di samping IPB Botani. Bisa langsung pilih nih lokasi yang paling dekat denganmu.

2. Kluwih Sunda Authentic

Mengusung tema modern yang unik, tempat wisata kuliner Bogor ini menjadi salah satu destinasi yang nggak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke kota Bogor. Tempat ini menyajikan hidangan khas Sunda yang dibalut dengan gaya modern. Menu di Kluwih Sunda Authentic juga sangat beragam yakni sampai 300 varian menu,lho. Banyak banget, kan?

3. The Lake House

The Lake House menawarkan pengalaman wisata kuliner yang berbeda dan unik. Di resto ini, kamu bisa menikmati makanan di tengah-tengah kolam sembari menikmati pemandangan sekitar yang asri. Tempat ini juga instagenic, jadi sangat pas buat kamu yang hobi berfoto. The Lake House menyajikan Asian dan Western food yang bisa kamu pilih sesuai selera seperti ayam goreng, nasi bagar, pizza, steak, dan lainnya.

4. Bubur Ayam kabita

Menyantap bubur di pagi hari memang sangat menggiurkan. Salah satu tempat makan bubur legendaris di Kota Bogor yang wajib kamu coba yaitu Bubur Ayam kabita. Kuah kaldu yang super gurih dan melimpah menjadi ciri khas dari wisata kuliner Bogor yang sudah berdiri sejak 1971 ini. Bubur Ayam kabita terletak di Jl. Raya Gunung Batu No. 67, Bogor.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner dekat Stasiun Bogor

Jika kamu berkunjung ke Bogor dengan kereta, kamu juga bisa nih sekalian mampir mencicipi beberapa makanan khas Bogor ini. Banyk juga lho wisata kuliner di dekat Stasiun Bogor. Penasaran apa saja kulinernya? Simak di bawah ini ya.

1. Doclang 405

Sekilas, doclang ini mirip dengan gado-gado namun tentu saja berbeda. Makanan khas bogor ini terdiri dari lontong, kentang, tahu, dan telur yang disiram dengan bumbu kacang yang kental. Bawang goreng dan kerupuk nggak lupa ditambahkan sebagai pelengkap.

2. Taoge Goreng Pak Gebro

Ilustrasi Taoge Goreng

Meski namanya taoge goreng, ternyata kuliner khas Bogor ini direbus, lho. Taoge goreng ini disajikan bersama irisan tahu goreng, irisan ketupat, mie kuning dan diguyur dengan tauco panas yang menggugah selera. Lokasi Taoge Goreng Pak Gebro tak jauh dari Stasiun Bogor, lebih tepatnya di Jl. Pengadilan.

3. Mie Kocok Pak Husen

Saat berada di dekat Stasiun Bogor, jangan lupa mencicipi makanan legendari kota hujan satu ini. Guyuran kuah yang lezat dengan disajikan bersama potongan daging sapi atau kikil yang nikmat menjadikan kuliner ini sebagai destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Bogor. Seporsi mie kocok sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25 ribu.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bogor Malam Hari

Malam hari memang enak jika menyantap makanan sambil menikmati suasana kota. Ada beberapa rekomendasi makanan buat kamu yang suka berwisata kuliner malam. Berikut ini beberapa makanannya.

1. Ketupat Sayur Simpang Tiga

Salah satu kuliner legendaris yang bisa kamu nikmati di malam hari yakni Ketupat Sayur Simpang Tiga. Berlokasi di sekitar perempatan Jalan Siliwangi dan Jalan Batutulis, wisata kuliner Bogor ini sudah ada sejak tahun 70-an. Kuah ketupat sayur dengan kuah santan yang berisikan gambas atau labu yang gurih dan lezat menjadi salah satu ciri khas dari ketupat sayur ini. Bisa juga kamu tambah dengan sate kikil dan sambal kentang goreng agar rasanya semakin nikmat.

2. Kawasan Jembatan Merah

Berjalan-jalan malam sambil berwisata kuliner bisa alternatif yang seru buat kamu. Satu tempat yang bisa kamu kunjungi yakni kawasan Jembatan Merah. Sepanjang trotoar tempat ini kamu bisa menjumpai beragam kuliner yang menggoda selera seperti doclang, dodongkal, sate, martabak, sop buah, dan masih banyak lagi lainnya. Kuliner di kawasan Jembatan Merah mulai buka pada sore hari. Pas banget kan untuk dijadikan wisata malam.

3. Sate Sumsum Pak 00

Sate Sumsum Pak 00 juga termasuk sate sumsum legendaris di Kota Bogor. Berdiri sejak 1965, perpaduan sate sumsum dan sate ginjal dengan siraman bumbu kacang yang melimpah membuat Sate Sumsum Pak 00 memiliki rasa yang gurih sekaligus nikmat. Ditambah dengan perasan jeruk nipis semakin melengkapi rasa dari kuliner Bogor ini. Sate Sumsum Pak 00 biasa buka mulai pukul 12.30 - 20.00 di Jl. Suryakencana no. 193.

4. Coffe Toffee

Tempat wisata kuliner Bogor satu ini sangat cocok bagi kamu pecinta kopi. Didesain dengan nuansa kayu yang hangat dan redup membuat Coffe Toffee mnenjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong atau sekedar menikmati kopi. Sebagai teman meminum kopi, kamu bisa memesan berbagai makanan yang nikmat seperti pancake, salad, atau makanan tradisional yang tersedia di salah satu tempat wisata kuliner Bogor ini.

Bagaimana, sudah menggugah selera belum? Kuliner di Bogor memang sangat beragam dan khas. Jangan lupa mencobanya ya saat berlibur di Bogor.

 

Beri Komentar