15 Tempat Wisata Pontianak yang Menarik Lengkap dengan Rekomendasi Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 25 Februari 2020 23:36
15 Tempat Wisata Pontianak yang Menarik Lengkap dengan Rekomendasi Kulinernya
Wisata Pontianak yang menarik dengan rekomendasi kulinernya.

Sudah punya destinasi liburan bulan ini? Jika belum, kamu bisa nih berkunjung ke Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini merupakan salah satu kota yang menarik karena dilalui garis khatulistiwa. Karena hal ini juga, Kota Pontianak mendapat sebutan sebagai Kota Khatulistiwa.

Tak hanya letaknya saja yang menarik, Pontianak juga menyimpan destinasi wisata yang tak kalah ciamik. Meski yang terkenal adalah Tugu Khatulistiwanya, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di kota ini. Termasuk kulinernya juga yang wajib kamu cicipi.

Karena itu, berikut Diadona sajikan 15 tempat wisata Pontianak menarik sekaligus rekomendasi kulinernya yang telah dirangkum dari berbagai sumber (25/02) di bawah ini. Yuk, cek selengkapnya di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pontianak

Tempat wisata Pontianak memang banyak banget ya ragamnya. Berikut ini sederet tempat wisata Pontianak menarik yang bis akamu jelajahi. Langsung gulir ke bawah, ya.

1. Tugu Khatulistiwa

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh afre (@mr_friday_jr) pada

Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu ikon dari Kota Pontianak. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa belum lengkap rasanya saat ke Pontianak jika belum berkunjung ke tugu ini. Wisata Pontianak ini terletak sekitar 3 km dari pusat kota, tepatnya di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara.

Bila kamu datang di saat yang tepat, kamu bisa menyaksikan fenomena menarik di sekitar wisata Pontianak ini yakni titik kulminasi matahari. Saat itu, posisi matahari akan persis berada di atas kepala kita sehingga tak ada bayangan yang muncul di sekitar garis khatulistiwa.

Fenomena alam menarik ini biasanya terjadi dua kali dalam setahun. Jadi, jangan lewatkan menyaksikan fenomena ini ya.

2. Kampung Wisata Kuantan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh PONTIANAK (@pesonapontianak) pada

Jika di Malang ada Kampung Warna-Warni, di Pontianak kamu juga bisa menjumpai kampung yang hampir serupa yakni Kampung Wisata Kuantan. Di sini, kamu bisa menjumpai rumah-rumah warga dengan cat warna-warni dan seni mural di sekitarnya.

Buat kamu penggemar foto, Kampung Wisata Kuantan bisa jadi spot menarik yang instagrammable. Lokasi tepatnya wisata Pontianak ini berada di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan.

3. Museum Provinsi Kalimantan Barat

Museum bisa jadi destinasi wisata menarik, apalagi kamu bisa menambah wawasan pengetahuan baru di sana. Saat berwisata ke Pontianak kamu juga bisa menyempatkan untuk berkunjung ke museumnya yakni Museum Provinsi Kalimantan Barat.

Di Museum Provinsi Kalimantan Barat ini kamu bisa menyaksikan berbagai benda peninggalan sejarah yang ada di Kalimantan Barat. Mulai dari koleksi keramik, benda-benda peninggalan sejarah, serpih dan mata panah, mata uang, dan masih banyak lagi koleksi lainya.

Kamu bisa mengunjungi salah satu wisata Pontianak ini di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak. Museum Provinsi Kalimantan Barat buka hari Selasa - Minggu dari jam 8 pagi sampai 2 siang, kecuali hari Jumat jam 08.00 - 11.00 dan 12.30 - 14.00.

4. Rumah Radankng

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pontinesia (@pontinesia) pada

Buat kamu yang belum tahu, Rumah Radankng merupakan sebutan bagi ruah panjang suku Dayak Kanayatan di provinsi Kalimantan Barat. Kamu bisa mengunjungi rumah adat ini di Komplek Perkampungan Budaya di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Kawasan ini juga berdampingan dengan Rumah Melayu Kota Pontianak.

Biasanya, rumah setinggi 7 meter ini sering digunakan sebagai tempat melaksanakan upacara adat selain juga beragam acara seperti konser maupun expo.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pontianak

Setelah tempat wisatanya, kita bergeser yuk ke kulinernya. Banyak kuliner Pontianak yang menggugah selera. Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba saat di Pontianak.

1. Kue Bingke

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Oleh-oleh Khas Pontianak (@bingke.id) pada

Salah satu kue khas Pontianak yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini yakni kue bingke. Sekilas, kue bingke ini mirip dengan kue lumpur. Memang, proses pembuatannya sendiri hampir sama dengan proses pemasakan kue lumpur.

Kue ini biasanya divariasikan dengan berbagai tambahan bahan lainnya seperti cokelat, durian, keju, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh saat berlibur ke Pontianak.

2. Mie Sagu

      Lihat postingan ini di Instagram    

Malam hujan dingin beginian enaknya makan yang angat2 nih guys. Habis berkunjung ke OB-GYN karena sudah mendekati nih, doain lancar ya guys, kita melipir ke jalan M Yamin salah satu kuliner old skool yang masih eksis sampai sekarang, Kedai Oma 1.0 yg suasananya selalu familiar dan friendly. Dimasakin oleh chef @russell.nathan.rn mie sagu becek becek sesuai kondisi jalanan yang banyak becek abis ujan. Porsi disini selalu melimpah *ampunbos* Perut kenyang, hati senang. Have a good night rest semua. #iHeartPku #kulinerpku #dealpku #brosispku #pkulover #pekanbaru #food #foodporn #foodcoma #miesagu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Your Friendly Neighborhood IG (@iheart.idn) pada

Mendengar kata sagu pasti kita langsung teringat dengan makanan khas Indonesia bagian timur ya. Tak hanya di wilayah Indonesia timur saja, sagu juga diolah dan menjadi makanan khas Kota Pontianak yakni mie sagu ini.

Berbeda dengan mie kebanyakan, mie sagu memiliki ukuran yang tebal dan besar dengan warna cokelat kehitaman. Kuliner khas Pontianak ini disajikan bersama kuah yang sangat kental dengan tambahan daun kucai, potongan daging, bumbu-bumbu, dan kecambah sebagai pelengkapnya.

3. Es Krim Petrus

      Lihat postingan ini di Instagram    

Ice cream ???? #eskrimangi #eskrimpetrus #eskrimangipontianak #eskrimpetruspontianak #eskrimangipetrus #kulinerpontianak #visitpontianak

Sebuah kiriman dibagikan oleh Es Krim Angi (@eskrimangi) pada

Siapa yang suka es krim? Di Pontianak, ada es krim legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 50an yakni Es Krim Petrus. Es krim ini dinamai Petrus karena letaknya yang berada tepat di depan SMP-SMA Petrus. Tepatnya di Jalan Karel Satsuit Tubun No. 8, Akcaya, Pontianak Selatan.

Es krim ini sangat unik karena penyajiannya yang menggunakan kelapa muda sebagai wadah. Banyak pilihan rasa yang bisa kamu pilih seperti stroberi, durian, vanila, coklat, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk rasa pastinya enggak usah diragukan lagi.

4. Lek Tau Suan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Stevany Suryaputra (@stevanysuryaputra) pada

Lek Tau Suan atau Tau Swan ini menjadi salah satu kulier malam yang wajib kamu coba saat ke Pontianak. Kuliner ini bisa dibilang perpaduan dari bubur kacang hijau dengan cakue. Rasa manis dan gurih akan bersatu di mulut saat kamu menikmati kuliner satu ini. Biasanya, orang Pontianak menjadikan Lek Tau Suan sebagai pemulih stamina setelah lelah bekerja.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Pontianak

Masih banyak wisata Kota Pontianak yang bisa kamu jadikan destinasi liburan menarik. Seperti diantaranya beberapa tempat wisata di bawah ini. Cekidot kita lihat daftarnya, yuk!

1. Keraton Kadariah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ricky_dr.mwn (@tukangsorotgambar) pada

Salah satu bangunan bersejarah yang sayang jika kamu lewatkaan saat ke Pontianak yakni Keraton Kadariah. Keraton ini dulunya merupakan isatana Kesultanan Pontianak yang juga menjadi cikal bakal lahirnya kota ini. Letaknya sendiri cukup strategis yaitu berada di pusat Kota Pontianak.

Di dalam wisata Pontianak ini kamu bisa menjumpai berbagai koleksi benda-benda bersejarah. Diantaranya seperti benda pusaka, artefak, foto keluarga sultan, perhiasan, dan lainnya.

Jika kamu tertarik menyaksikan itu semua, kamu bisa langsung datang ke Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kota Pontianak. Tenang saja kamu enggak akan dikenakan biaya untuk memasuki istana menarik ini alias gratis.

2. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Vladimir Eka Liputra (@ekaliputra9) pada

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta ini dulunya dikenal dengan sebutan Klenteng Tiga atau Tian Hou Keng. Bangunannya sendiri didominasi warna mearh khas budaya Tionghoa. Meski dibangun sejak tahun 1829 M, vihara ini masih kokoh hingga sekarang.

Saat masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan lukisan dan patung dewa-dewa Khong Hu Chu. Beberapa bagain dalam vihara juga menyimpan sejarah tersendiri. Salah satunya lonceng tua Pek Kong yang katanya dibawah pada masa raja Khen Long pada tahun 1789.

3. Masjid Jami Pontianak

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Petualangan Kalbar (@petualang.kalbar) pada

Tak hanya wisata alam dan sejarh, di Pontianak kamu juga bisa mengunjungi wisata religi salah satunya Masjid Jami Pontianak ini. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman.

Masjid Jami Pontianak sendiri memiliki desain gaya rumah panggung yang juga berfungsi untuk menghindari banjir. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Jami Pontianak yang berada di Kampung Beting, Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

4. Paradis Q Waterpark

      Lihat postingan ini di Instagram    

Promo spesial Road To 3rd Anniversary telah dimulai, ayo segera kunjungi ParadisQ Waterpark dan nikmati wahana-wahana dengan harga tiket masuk hanya Rp.23.000, jangan sampai kelewatan ya !!! . #waterpark #paradisqwaterpark #paradisqwaterparkkuburaya

Sebuah kiriman dibagikan oleh Qubu Resort (@quburesort) pada

Paradis Q Waterpark ini menjadi salah satu wisata keluarga seru dan menarik yang bisa kamu nikmati di Pontianak. Wahana permainnya pun juga beragam seperti race water, kolam ombak, spiral water slide, extreme hump slide, dan lainnya. Waterpark terbesar di Pontianak ini terletak di Jalan Arteri Supadio KM 12,8 No. 6, Sungai Raya, Pontianak.

4 dari 4 halaman

Wisata Malam Pontianak

Berwisata malam bisa jadi salah satu alternatif wisata saat berkunjung ke Pontianak. Tak kalah seru juga lho menelusuri Kota Pontianak di malam hari. Buat kamu yang tertarik berwisata malam, berikut rekomendasi tempat wisata malam Pontianak yang bisa kamu tuju.

1. Taman Alun Kapuas

 

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pontinesia (@pontinesia) pada

Bila kamu mencari tempat wisata murah meriah dan berada di pusat kota, Taman Alun Kapuas ini bisa jadi destinasi yang pas. Letaknya sangat strategis yakni tepat di depan kantor wali kota Pontianak. Di sini, kamu bisa menjumpai air mancur indah dengan replika Tugu Khatulistiwa.

Selain itu, di taman seluas sekitar 3 hektare ini kamu bisa menyaksikan keindahan Sungai Kapuas sambil menikmati kuliner yang banyak dijajakan sekitar taman. Wisata Pontianak ini juga sangat cantik dikunjungi di malam hari dengan nyala air mancur yang berwarna-warni.

2. Tugu Digulis

 

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh DJI Borneo (@djiborneo) pada

Selain Tugu Khatulistiwa, juga ada Tugu Digulis yang tak kalah indah. Karena bentuk tugu ini yang mirip dengan bambu runcing, Tugu Digulis ini juga sering lho disebut Tugu Bambu Runcing.

Kamu bisa mengunjungi Tugu Digulis di Jalan Ahmat Yani, persisnya berada di Bundaran Untan atau Universitas Tanjungpura. Saat malam, wisata Pontianak ini juga tak kalah cantik dengan lampu-lampu yang menghiasi tugu.

3. Pantai Pasir Panjang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????? ???????????????????? (@andyamsik) pada

Meski enggak berada tepat di Pontianak, Pantai Pasir Panjang tetap bisa jadi destinasi wisata malam yang patut kamu coba. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan ombaknya yang tenang. Saat menjelang sore, kawasan Pantai Pasir Panjang juga tak kalah cantik dengan panorama sunset dari sisi barat.

Jangan kira semakin malam pantai ini akan sepi ya, malah makin banyak pengunjung yang datang di malam hari. Terlebih, di sekitar pantai ini terdapat banyak kafe yang bisa jadi destinasi menghabiskan malam di Pontianak.

Itu dia rekomendasi sederet wisata Kota Pontianak yang menarik sekaligus kulinernya. Nah, sudah siap meluncur ke POntianak belum?

Beri Komentar