15 Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 14 Februari 2020 23:04
15 Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi 2019
Kamu memiliki rencana berlibur ke kawasan Dieng? Simak dulu yuk rekomendasi wisatanya berikut ini.

Berbicara tentang destiansi wisata di Wonosobo pasti enggak bisa terlepas dariui kawasan Dieng ya. Memang, kawasan ini merupakan salah satu kawasan wisata populer di kabupaten ini. Panoramanya yang indah dengan udara sejuk khas pegunungan memberikan pesona tersendiri sekaligus menjadi daya tarik dari kawasan Dieng.

Hal ini, membuat Dieng memiliki sederet wisata dengan panorama yang mempesona. Nah, jika kamu berencana berwisata ke Dieng dalam waktu dekat, intip dulu yuk rekomendasi wisata Dieng Wonosobo yang wajib kamu kunjungi sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (14/02) berikut ini. Simak selengkapnya di bawah, ya!

1 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo 2019

Kawasan Dieng memang sangat emnarik ya menjadi destinasi wisata. Jika kamu penasaran wisata apa saja yang menarik di kawasan ini, berikut rekomendasinya untuk kamu. 

1. Bukit Sikunir

      View this post on Instagram      

A post shared by Dhesti Fitriani (@dhestifitriani) on

Kawasan Dieng Wonosobo memiliki sederet wisata ketinggian yang menuguhkan panorama indah. Salah satunya Bukit Sikunir. Tak hanya bentang alam sekitarnya saja yang indah, panorama sunrise juga sangat memanjakan mata jika dinikmati dari bukit ini.

Meski untuk mencapainya dibutuhkan teaga ekstra, semuanya akan terbayar saat kamu sampai di puncaknya. Setelah lelah mendaki, kamu juga bisa mengisi tenaga lebih dulu dengan menyantap beragam kuliner khas Dieng yang banyak dijajakan di bagian bawah Bukit Sikunir.

2. Kawah Sikidang

      View this post on Instagram      

A post shared by CeritaPerjalanan (@langkahsantuy_) on

Tak jauh dari Kawah Sikuning, kamu bisa meneruskan perjalanan ke Kawah Sikidang. Kawah Sikidang merupakan kawah belerang yang juga memiliki panorama yang tak kalah indah. Meski enggak berada tepat di Wonosobo yakni di Desa Dieng Kulon, aksesnya akan lebih cepat jika kamu berangkat melalui Wonosobo.

Selain menikmati panorama Kawah Sikidang yang indah, kamu juga bisa menyaksikan pembuatan kerajinan tradisional di sekitar kawasannya. Menarik, ya!

3. Telaga Merdada

      View this post on Instagram      

A post shared by Dieng In Instagram (@diengku) on

Dengan luas sekitar 21 hektar, Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di kawasan Dieng. Dari ketinggian, telaga ini sangat cantik karena bentuknya yang menyerupai kaldera bekas letusan gunung berapi. Namun, dari dekat panoramanya juga tak kalah mempesona.

Terlebih, Telaga merdada juga diapit oleh dua bukit yang menjadikan panoramanya semakin indah. Lokasi wisata Dieng Wonosobo ini terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

4. Batu Ratapan Angin

      View this post on Instagram      

A post shared by novem j H Lawalata (@novemlawalata) on

Batu Ratapan Angin menjadi wisata Dieng Wonsosobo berikutnya yang menyajikan panorama indah dari ketinggian. Dari puncak Batu Ratapan Angin, kamu bisa menyaksikan pemandangan mempesona dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.

Tak hanya itu saja, pemandangan sekitar yang hijau juga semakin emlengkapi keindahan kawasan ini. Tapi, untuk mencapainya siap-siap kamu menyiapkan ekstra tenaga ya karena kamu harus mendaki bukit lebih dulu. Meski seperti itu, panorama alam yang akan menyambutmu sesampainya di puncak enggak akan mengecewakan kok.

2 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Buat kamu yangsedang mencari rekomendasi wisata Dieng Wonosobo lainnya, tempat wisata di bawah ini juga bisa lho menjadi opsi menarik lainnya. Panaramanya pun juga tak kalah mempesona. Dimana saja wisatanya? Cek, yuk!

1. Bukit Seroja

      View this post on Instagram      

A post shared by WonosoboHitz (@wonosobohitz) on

Salah satu destinasi wisata menikmati keindahan kawasan Dieng Wonosobo yakni dari Bukit Seroja. Di bukit ini, kamu bis amenyaksikan panorama Gunung Sindoro dan juga perkebunan teh di sisi yang berbeda. Tak ketinggalan spot foto kekinian juga tersedia di kawasan wisata Dieng Wonosobo ini. Dari spot foto berbentuk bintang hingga gardu pandang berbentuk hati bisa kamu jumpai di Bukit Sejora.

2. Telaga Warna Dieng

      View this post on Instagram      

A post shared by Mas Adi Dieng (@masadi.dieng) on

Nama Telaga Warna terdengar cukup familiar ya. Selain di Bogor, kamu juga bisa menjumpai Telaga Warna di kawasan Dieng. Wisata Dieng Wonosobo ini memang snagat unik karena warna airnya dapat berubah-ubah. Fenomena unik ini biasanya terjadi saat musim kemarau. Selain fenomena airnya panorama sekitar danau yang indah juga menjadi daya tarik lainnya dari Telaga Warna.

3. Curug Sikarim

      View this post on Instagram      

A post shared by WonosoboHitz (@wonosobohitz) on

Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya yang tak kalah indah yakni Curug Sikarim. Curug ini sangat menarik karena aliran airnya membentuk dua jalur aliran yang menyusuri tebing batu. Selain itu, kamu juga akan disuguhi panorama sekitar yang asri dengan Bukit Sikunir sebagai latarnya. Udaranya yang sejuk pastinya membuat kamu betah berlama-lama. Lokasi Curug Cikarim sendiri berada di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo.

4. Kawah Sileri

      View this post on Instagram      

A post shared by Dewi (@dewinurri) on

Selain Kawah Sikidang, kamu juga bisa berwisata ke Kawah Sileri yang tak kalah indah. Kawah Sileri juga disebut sebagai kawah terluas sekaligus teraktif di kawasan Dieng lho. Tapi tenang saja, meski seperti itu wisata Dieng Wonosobo ini masih aman kok untuk kamu kunjungi. Kawah Sileri menyuguhkan panorama kepulan asap putih yang dipadu pemandangan hijau sebagai latarnya. Cantik, ya!

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Dieng Wonosobo

Tak hanya berbagai wisata di atas, sederet wisata di kawasan Dieng ini juga sayang jika kamu lewatkan. Langsung saja gulir ke bawah yuk untuk selengkapnya.

1. Candi Arjuna

      View this post on Instagram      

A post shared by ????????ipith | fitria rahmadani ???????? (@ipith23) on

Selain wisata alam, kawasan Dieng Wonosobo juga menyuguhkan wisata sejarah yakni Candi Arjuna. Candi Arjuna sendiri memiliki luas sekitar 1 hektar dan disebut-sebut sebagai kompleks candi terluas yang ada di kawasan Dieng.

Diperkiran Candi Arjuna ini dibangun pada abad ke-8 pada masa Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Gaya bangunan wisata Dieng Wonosobo satu ini juga hampir mirip dengan gaya candi yang ada di India.

2. Gunung Prau

      View this post on Instagram      

A post shared by LINTAS JAWA TENGAH.id (@lintas_jawa_tengah) on

Wisata Dieng lainnya yang juga menawarkan panorama alam indah dari ketinggian yakni Gunung Prau. Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Hamparan awan putih yang menggantung di langit sangat indah dipadu dengan hijaunya pegunungan di sekitarnya.

Apalagi panorama sunset dan sunrise sangat indah jika dilihat dari puncak gunung ini. Wisata Dieng sendiri terletak di tiga kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Wonosobo, Kendal, dan Batang.

3. Petak 9 Dieng

      View this post on Instagram      

A post shared by Dieng Culture Festival Trip (@halodieng) on

Petak 9 Dieng ini menjadi spot sangat menarik untuk menyaksikan panorama Telaga Warna sekaligus Telaga Pengilon dari ketinggian. Tak hanya kedua telaga itu saja, dari kejauhan Gunung Prau pun juga bisa kamu saksikan dari Petak 9 Dieng. Selain itu, wisata Dieng satu ini juga sering disebut dengan Bukit Sidengkeng.

Untuk tiket masuknya, kamu enggak perlu khawatir karena cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 5 ribu saja. Tapi, jika kamu ingin berkemah kamu akan dikenakan biaya yang berbeda.

4. Goa Jaran

Wisata alam lainnya yang bisa kamu nikmati di akwasan Dieng yakni Goa Jaran. Wisata Dieng ini masih berada di kawasan Telaga Warna. Tepatnya berada di daerah Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Seperti kebanyakan goa lainnya, di Goa Jaran ini kamu bisa menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit yang tersaji di dalam goa.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Wonosobo selain Dieng

Tak hanya kawasan Dieng saja, daerah Wonosobo lainnya juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah. Seperti beberapa tempat wisata berikut ini. Bisa juga lho kamu jadikan alternatif wisatamu berikutnya.

1. Kebun Teh Tambi

      View this post on Instagram      

A post shared by WonosoboHitz (@wonosobohitz) on

Wonosobo juga memiliki perkebunan teh yang menawarkan panorama indah yakni Kebun Teh Tambi. Udara sejuk khas pegunungan dengan hamparan hijau perkebunan teh sangat akan memanjakan matamu sesampainya di sana. Lokasi Kebun Teh Tambi ini terletak di kaki Gunung Sindoro, persisnya di daerah Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

2. Pemandangan Air Hangat Kalianget

Berendam air panas bisa menjadi salah satu cara relaksasi yang patut kamu coba. Karenanya, saat berwisata ke Wonosobo jangan lupa untuk berkunjung ke Pemandian Air Hangat Kalianget ya. Di pemandian ini terdapat dua kolam yang bisa kamu pilih dengan masing-masing memiliki ukuran 20 x 5 meter. Bila kamu lebih suka kolam yang tertutup, di Pemandian Air Hangat Kalianget juga tersedia bilik yang berisikan air hangat sehingga terkesan lebih privat.

3. Arung Jeram Serayu

      View this post on Instagram      

A post shared by Yunisa (@yunisahar1566) on

Jika kamu menyukai wisata yang menantang sekaligus memacu adrenalin, Arung Jeram Serayu merupakan pilihan yang sangat menraik. Sungai Serayu sendiri berada di dua kabupaten yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Siap-siap kamu merasakan sensasi seru sekaligus menegangkan ya saat mencoba aktivitas ini.

Bagaimana berabgai destinasi wisata Dieng Wonosobo di atas? Lumayan menarik, ya. Yuk, sudah siap belum menjelajahi Dieng liburan ini?

Beri Komentar