15 Tempat Wisata Alam Bogor yang Murah dan Terbaru termasuk Daerah Puncak Juga

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 28 Januari 2020 20:08
15 Tempat Wisata Alam Bogor yang Murah dan Terbaru termasuk Daerah Puncak Juga
Kota Bogor menjadi salah satu destinasi utama di Jawa Barat, khusunya bagi warga ibukota. Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut wisata alam daerah Bogor ini, simak tempat wisatanya di sini, ya.

Bogor, kota dengan sejuta pesona alam yang indah. Hal ini tentu saja membuat Bogor memiliki banyak wisata alam yang menyuguhkan panorama yang menawan. Jaraknya yang dekat dengan Jakarta, juga membuat Kota Hujan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga ibukota dan sekitarnya.

Curug atau air terjun, Gunung, dan telaga adalah beberapa wisata alam yang bisa kamu temui di Bogor. Jika kamu penasaran apa saja wisata alam Bogor menarik lainnya, simak dulu yuk sederet wisata alam Bogor yang telah Diadona rangkum dari beragam sumber (27/01) berikut ini. Yuk, simak!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam di Bogor

Wisata alam memang menjadi salah satu wisata unggulan di Bogor. Di bawah ini berbagai tempat wisata alam yang bisa kamu masukkan ke daftar liburanmu saat ke Bogor. Penasaran apa saja wisatanya?

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung menawarkan pengalaman yang berbeda dari curug pada umunya. Jika biasanya curug memiliki air terjun yang tinggi, Curug Cibaliung malah sebaliknya. Tapi, hal ini malah membuatnya menjadi destinasi wiata yang menarik lho karena akan membuatmu serasa di kolam renang pribadi. Perpaduan air yang jernih dan pemandangan yang cantik membuat Curug Cibaliung populer di kalangan wisatawan.

2. Telaga Biru Cipanas

Sama seperti namanya, Telaga Biru Cipanas memiliki warna air kebiruan yang menjadi daya tarik utama dari wisata alam satu ini. Warna biru ini sebenarnya berasal dari ganggang biru yang banyak tumbuh di dalam telaga. Di sekeliling telaga ini juga terdapat pepohonan hijau yang sangat menyegarkan mata. Telaga Biru Cipanas sendiri masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parangro.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar menawarkan pemandangan deretan pohon pinus yang indah. Di kawasan ini, kamu juga bisa merasakan sensasi berkemah dengan di kelilingi pohon pinus. Menarik, kan? Selain itu, tarif masuknya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu di weekdays dan Rp. 7.500 di weekend.

4. Puncak Pass Cipanas

Puncak Pass merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset dari atas ketinggian. Di kawasan ini, kamu bisa menyaksikan bentangan alam berupa area persawahan, perbukitan, dan juga perkebunan teh yang mempesona. Karena itulah, Puncak Pass menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Bogor.

 

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Puncak Bogor

Daerah Puncak memang menjadi primadona destinasi wisata di Bogor. Jika kamu juga berencana untuk berlibur ke Puncak, cek dulu yuk rekomendasi wisatanya berikut ini.

1. Taman Wisata Matahari Cisarua

Salah satu tempat wisata Puncak ini sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Taman Wisata Matahari menawarkan beragam wahanan seru yang bisa kamu coba seperti water park, flying fox, kereta safari, arung jeram, dan lain sebagainya. Selain sebagai tempat rekreasi, tempat wisata puncak ini juga menyediakan wahana edukasi. Lengkap, kan? Kamu bisa berekreasi sekaligus menambah wawasan.

2. Kebun Raya Cibodas

Kamu ingin melihat bunga sakura secara langsung? Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang kok, kamu juga bisa melihat bunga khas negara matahari terbit ini di Kebun Raya Cibodas. Di kawasan ini, ada kurang lebih 435 pohon sakura yang bisa kamu nikmati. Jika di Jepang sakura hanya bermekaran sekali dalam setahun, di Kebun Raya ini kamu bisa menyaksikan sakura dua kali dalam setahun yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Selain taman sakura, kawasan ini juga menawarkan berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, rumah kaca, pohon-pohon berusia tua, dan masih banyak lagi. Lokasi Kebun Raya Cibodas sendiri terletak di Sidanglaya, Cipanas, Cianjur.

3. Curug Leuwi Hejo

Curug satu ini sering disebut dengan versi mininya Green Canyon. Di sini, kamu bisa menikmati segarnya air yang berwarna biru jernih dan pemandangan hijau asri di sekitarnya. Tebing-tebing batu di sekitar curug juga menambah pesona dari tempat wisata yang terletak di daerah Cibadak ini.

4. Taman Bunga Nusantara

Taman bunga ini menyuguhkan sesuatu yang menarik dan unik. Pasalnya, setiap bagian taman di kawasan ini memiliki tema yang berbeda-beda seperti Jepang, Bali, Prancis, dan juga Meditteranean. Kamu suka petualangan dan tantangan? Jika iya, kamu harus coba secret labyrinth atau labirin rahasia yang menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata puncak ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Bogor Murah

Buat kamu yang ingin berwisata ke Bogor dengan menghemat budget, kamu bisa nih mengunjungi destinasi wisata berikut ini. Selain memiliki panorama yang indah, deretan tempat wisata di bawah ini juga sangat terjangkau. Yuk, gulir ke bawah ya.

1. Telaga Warna

Nggak hanya di daerah Dieng saja, puncak Bogor juga memiliki Telaga Warna. Warna air di telaga ini pun juga bisa berubah-ubah dari kehijauan menjadi kuning terang atau coklat. Tempat wisata puncak ini menyuguhkan panorama alam yang indah dengan pegunungan hijau sebagai latarnya. Kamu juga bisa lho menyewa rakit atau perahu untuk berkeliling telaga ini.

2. Bukit Alesano

Jika sebelumnya berkemah dengan konsep glamping ala bintang lima, kali ini kamu bisa nih mencoba sensasi berkemah di ketinggian bukit dengan suguhan pemandangan Kota Bogor yang indah. Bukit Alesano sering juga disebut sebagai Bukit Bintang-nya Bogor karena pada malam hari pemandangan kota Bogor di bawahnya nampak seperti taburan bintang. Tempat ini sangat pas buat kamu yang ingin berkemah sekaligus menghabiskan malam tahun baru di kota Bogor karena pemandangan pesta kembang api akan sangat cantik dilihat dari bukit ini.

3. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseng

Tempat wisata di Bogor yang cukup terjangkau berikutnya yakni pemandian air panas Tirta Sanita Cisaeng. Di tempat wisata yang berlokasi di daerah Parung ini akan memberikanmu pengalaman berendam air panas di infinity pool alami. Tak hanya itu, air dari pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu karena mengandung garam dan belerang.

Ada kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi yang tersedia di tempat ini seperti terapi lintah dan fish pedicure. Jika kamu tidak ingin berendam, salah satu tempat wisata di Bogor ini juga menyediakan area outbond dan permainana seperti becak mini dan perahu. Untuk biaya masuk, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 8 ribu untuk anak-anak dan Rp. 12 ribu untuk dewasa.

4. Leuwi Lieuk

Salah satu wisata alam yang baru di wilayah Bogor yakni Leuwi Lieuk. Untuk mencapainya, memang kamu harus sedikit mengeluarkan ekstra tenaga karena kamu harus berenang terlebih dulu dari Leuwi Cepet kemudian trekking sekitar 5 menit. Tapi, hal itu sepadan dengan pemandangan sungai hijau yang menantimu di Leuwi Lieuk.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Daerah Bogor

Terakhir, ini dia berabgai wisata alam Bogor yang enggak boleh kamu lewatkan. Dimana saja destinasi wisatanya? Simak di bawah ini, ya.

1. Penangkaran Elang Loji

Jika sebelumnya ada penangkaran rusa, kali ini di wilayah Cijeruk, Bogor ada penangkaran Elang Loji yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Di salah satu tempat wisata di Bogor ini, kamu bisa menyaksikan koleksi Elang Loji. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan hijau di sekitar penangkaran.

2. Curug Lembah Pelangi

Tempat wisata alam lainnya yang tak kalah menarik adalah Curug Lembah Pelangi. Berbeda dengan Curug Cibaliung yang unik karena ketinggiannya, curug yang satu ini dikenal unik karena lokasinya. Lokasi tempat wisata di Bogor yang satu ini memang tidak biasa karena berada di dataran rendah, tidak seperti kebanyakn curug lainnya yang berada di dataran tinggi.

Nama pelangi sendiri tentu ada alasannya. Curug ini dinamai pelangi karena adanya cahaya yang memantul dan menimbulkan pelangi akibat dari udara panas dan lembab yang dimiliki Curug ini.

3. Agro Gunung Mas

Menikmati pemandangan alam yang hijau memang bisa menyegarkan mata sekaligus membuat pikiran menjadi rileks. Hal inilah yang ditawarkan tempat wisata yang terlatak di Cisarua Bogor ini. Di Agro Gunung Mas, kamu bisa merasakan sensasi berjalan di tengah perkebunan teh (tea walk) yang sangat memanjakan mata. Tak hanya itu, banyak fasilitas lain yang bisa kamu coba seperti berkuda, memancing, dan flying fox.

Bogor menyajikan beragam wisata alam yang menarik, ya. Dari beragam wisata alam di atas, mana nih yang ingin kamu kunjungi? Tulis di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar