20 Objek Wisata Populer dari Berbagai Kota di Indonesia, dari Bandung sampai Bali

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Februari 2020 22:32
20 Objek Wisata Populer dari Berbagai Kota di Indonesia, dari Bandung sampai Bali
Cek yuk beragam objek wisata di sederet kota populer di Indonesia ini!

Indonesia adalah negara yang kaya akan wisata. Berbagai kotanya memiliki pesona sendiri dalam hal wisata. Diantaranya seperti kota Bandung, Jogja, dan Malang. Sederet kota di Pulau Jawa ini menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Banyak tempat wisata menarik yang disuguhkan ketiganya.

Tak hanya kota di Pulau Jawa saja, jika berbicara tentang wisata di Indonesia pastinya kurang lengkap rasanya jika tak membahas juga tentang Pulau Bali. Sudah menjadi rahasia umum jika Pulau Dewata ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Nah, untuk itu berikut Diadona rangkum sederet tempat wisata menarik dari berbagai kota di atas sekaligus juga Bali yang dilansir dari berbagai sumber (05/02). Penasaran apa saja?

1 dari 4 halaman

Objek Wisata di Bandung

Jika berbicara tentang tempat wisata di Jawa Barat, pastinya Bandung masuk ke dalam salah satu destinasi favoritnya. Bandung memang kota dengan sejuta wisata. Panorama yang indah dan udaranya yang sejuk juga menjadi daya tarik lainnya dari Bandung. Nah, ini dia beberapa daftar tempat wisata menarik yang ada di Bandung.

1. Farm House Lembang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BANDUNG | EXPLORER | TRAVEL (@why_ajie) pada

Farm House Lembang menjadi objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Lembang. Objek wisata ini mengusung konsep Eropa yang menarik. Berbagai spot keren bisa kamu jumpai di kawasan ini. Untuk membuatnya semakin lengkap, kamu bisa menyewa kostum khas tradisional Belanda. Salah satu spot foto populer di Farm House Lembang yakni rumah hobit. Selain itu, juga ada beragam bangunan bergaya pedesaan Eropa dan taman bunga yang bisa menjadi spot foto ciamik.

2. Observatorium Bosscha

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BANDUNG IN FRAME (@bandunginframe) pada

Dibangun sejak tahun 1923, Observatorium Bosscha merupakan observatorium tertua di Indonesia. Observatorium ini menawarkan kemegahan bangunan beraksitektur Belanda dengan atap setengah lingkaran yang indah. Di sini, kamu bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan juga jika langit cerah di malam hari, kamu bisa mencoba meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Untuk mengunjungi Observatorium Bosscha, kamu harus mendaftar lebih dulu ya di website resmi mereka dengan biaya sebesar Rp. 15 ribu per orangnya di siang hari dan Rp. 20 ribu di malam hari.

3. Wisata Grafika Cikole

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh I ? INDONESIA | #exploredolan (@exploredolan.id) pada

Wisata Grafika Cikole merupakan destinasi wisata lengkap yang menyuguhkan berbagai objek rekreasi seperti wahana outbond, hutan pinus,  dan juga penginapan. Objek wisata satu ini juga sangat pas sebagai destinasi wisata keluarga. Bentuk hunian penginapan yang mengusung gaya vintage dan terbuat seluruhnya dari kayu  menjadi daya tarik lainnya dari Wisata Grafika Cikole. Udara yang sejuk dan pemandangan asri di sekitarnya pasti membuat kamu betah berlama-lama di kawasan objek wisata ini.

4. Curug Tilu Leuwi Opat

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explore Bandung | DestinasiBdg (@destinasibandung) pada

Curug Tilu Leuwi Opat bisa menjadi destinasi yang menarik buat kamu penyuka tantangan. Karena, untuk mencapainya kamu harus melewati medan yang cukup curam dan berbatu lebih dulu. Namun, semua ini akan terbayar dengan keindahan curug ini. Curug Tilu Leuwi Opat juga sangat menarik karena memiliki tiga tingkatan dan empat sungai dengan nama yang berbeda-beda di setiap tempatnya. Panorama alam sekitarnya yang berupa tebing asri dan batu cadas pun sangat memanjakan mata.

5. Curug Malela

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explore Rongga (@explorerongga) pada

Curug Malela sering juga disebut dengan Niagaranya Indonesia. Hal ini karena bentuknya yang menyerupai Niagara di Amerika namun dengan ukuran yang lebih kecil. Objek wisata ini memiliki aliran air yang jernih dan terlihat seperti tirai bertingkat. Selain keindahan air terjunnya, panorama alam di sekitarnya juga tak kalahindah. Tapi, untuk mencapainya kamu memerlukan tenaga ekstra karena medannya yang nggak mudah.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata di Malang

Malang menjadi salah satu kota wisata yang favorit di wilayah Jawa Timur. Udaranya yang sejuk dan juga pilihan wisata yang beragam menjadikan kota ini salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Yuk, kita simak beragam wisata menarik di kota ini.

1. Batu Might Spectacular (BNS)

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh N A B I L A (@nabilayw) pada

Batu Night Spectacular ini sangat cocok buat kamu yang ingin berwisata malam dengan berkunjung di taman bermain yang seru. Objek wisata ini buka mulai dari sore hingga tengah malam. BNS menyuguhkan berbagai wahana permainan yang seru selain juga area lampion yang sangat cocok buat kamu yang hobi berfoto. Setelah lelah bermain, kamu juga bisa menyantap kuliner yang tersedia di berbagai kafe dan tempat makan di sekitar kawasan ini.

2. Pantai Balekambang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Like Indonesia (@like_surabaya) pada

Keindahan Tanah Lot di Bali pasti kita sudah sering mendengarnya ya. Di Malang, ada satu yang disebut dengan Tanah Lotnya Jawa Timur. Hal ini karena adanya kesamaaan Pantai Balekambang dengan Tanah Lot yakni adanya bangunan pura di atas pulau yang dibangun di tengah laut. Selain itu, panorama pantai dengan laut birunya yang indah juga sangat memanjakan mata.

3. Taman Labirin

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SISI MALANG (@sisi.malang) pada

Ingin merasakan serunya memecahkan labirin? Nah, kamu bisa mencobanya di Taman labirin yang berada di kawasan Coban Rondo. Lokasinya sendiri terletak di daerah Pujon, Kota Batu. Taman labirin ini terbuat dari tanaman asli dengan tinggi 2 meter. Bila kamu khawatir enggak bisa keluar dari labirin yang membingungkan, kamu bisa meminta tolong teman atau keluargamu untuk berjaga di menara pemantau yang tersedia. Tertarik mencoba?

4. Museum D'Topeng Malang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh D'Topeng Kingdom Museum (@dtopengkingdommuseum) pada

Tak jauh dari Museum Angkut, ada museum lainnya yang tak kalah menarik yakni Museum D'Topeng Malang. Museum ini menyajikan beragam koleksi topeng khas dari berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa Timur, hingga Papua.

Selain topeng, di museum ini kamu juga bisa menjumpai beragam benda pra sejarah hingga jaman Majapahit. Untuk memasuki Museum D'Topeng Malang, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 25 ribu. Tapi, kamu juga lho bisa membeli tiket terusan Museum Angkut dan Museum D'Topeng seharga Rp. 60 ribu di weekdays dan Rp. 85 ribu di weekend.

5. Pantai Tiga Warna

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh TRAVEL MALANG BATU JUANDA (@travelmalang_adiswisata) pada

Malang banyak memiliki pantai menarik yang bisa kamu jelajahi, salah satunya Pantai Tiga Warna. Objek wisata ini berlokasi di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Seperti namanya, pantai ini memiliki pemandangan air laut unik yang seolah memiliki tiga warna yang berbeda yakni hijau, biru, dan bening. Pemandangan hamparan tebing yang asri di sekitar Pantai Tiga Warna juga semakin melengkapi keindahan objek wisata ini.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Jogja

Setelah kota Malang, sekarang kita beralih ke Jogja. Kota Pelajar ini tak hanya populer dengan makan gudegnya saja tapi juga beragam wisatanya. Berikut ini rekomendasi wisata Jogja yang menarik buat kamu.

1. Candi Ratu Boko

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anton Yin Chen (@antoncuang) pada

Tak hanya menawarkan keindahan candinya saja, Candi Ratu Boko juga menyuguhkan panorama sunset yang indah. Objek wisata ini sangat populer bagi pasangan yang ingin berfoto romantis dengan latar matahari terbenam yang indah di Jogja. Kamu bisa mengunjungi candi yang cantik ini dengan membeli tiket terusan dari Candi Prambanan karena masih dalam satu pengelolaan.

2. Teddy Bear World Jogja

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh sewa mobil jogja lepas kunci (@piknik_djogja) pada

Kamu penyuka Teddy Bear? Di Jogja, ada satu tempat menarik dimana kamu bisa bertemu dan berfoto dengan beragam Teddy Bear yang berukuran hampir sebesar orang dewasa. Menarik banget, ya. Selain Teddy Bear, di Teddy Bear World Jogja juga tersedia rumah iglo lengkap dengan dekorasinya. Jika penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi objek wisata menarik ini  di Jl. Ringroad Barat No. 27, Bedog, Trihanggo, Baturan, Sumberadi Mlati, Kabupaten Sleman.

3. Pantai Sinden

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Berbeda dengan pantai kebanyakan yang memiliki pasir, Pantai Sinden merupakan pantai berupa tebing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut. Di seberang objek wisata ini, kamu bisa menjumpai pulau kecil yang bernama Pulau Kalong. Untuk menyeberang ke pulau tersebut, kamu bisa menggunakan jembatan gantung yang tersedia. Siap-siap memacu adrenalin ya saat melewati jembatan ini. Pasalnya, hembusan angin laut yang kuat akan menggoyangkan jembatan saat kamu melewatinya. Berani mencoba?

4. Air Terjun Kedung Pedut

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prasarana Destination | Jogja (@prasarana_destination) pada

Air Terjun Kedung Pedut menyuguhkan panorama alam yang dipadu dengan nuansa pedesaan yang asri. Salah satu wahana yang menarik di objek wisata ini yakni wahana sepeda terbang yang akan memberikan sensasi yang berbeda. Selain itu, fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut juga cukup lengkap seperti toilet umum, warung makan, gazebo, dan tempat parkir semuanya tersedia di kawasan ini.

5. Taman Sari Jogja

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh OPEN TRIP | PRIVATE TRIP (@ladita_tour) pada

Taman Sari Jogja menjadi salah satu objek wisata yang terkenal dan favorit di Jogja. Dulunya, taman ini adalah tempat meditasi sekaligus juga tempat rekreasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Di kawasan Taman Sari Jogja ini kamu akan disuguhi arsitektur kuno yang menawan lengkap dengan kolam pemandian serta kanal-kanal air di sekitarnya. Cantik, ya.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata Bali

Disebut sebagai surganya wisata, tentu saja wisata di Bali sangat ebragam dan mempesona. Panorama alam yang indah juga menjadi salah satu daya tarik dari Pulau Dewata ini. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bali, berikut ini beberapa rekomendasi wisatanya. 

1. Taman Ayun

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melih Dasgin (@izinthengit) pada

Taman Ayun adalah sebuah kompleks Pura besar yang terletak di Kabupaten Badung, Bali. Saat kamu memasuki kawasan Pura ini, kamu akan disambut dengan taman yang luas serta bangunan-bangunan Pura yang menawan. Selain itu, Taman Ayun juga berbatasan dengan sungai lebar yang mengairi sawah-sawah disekitarnya sehingga membuat salah satu objek wisata Bali ini sangat menarik untuk dikunjungi.

2. Pura Besakih

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roda Mundo | Travel | Aus (@doyatravel) pada

Berlokasi di kaki Gunung Agung, Pura Besakih adalah pura terbesar yang ada di Bali. Pura Besakih  merupakan induk dari semua pura yang ada di Bali sekaligus juga dipercaya sebagai tempat suci. Karena inilah, di pura ini kerap diadakan acara keagamaan Hindu. Untuk memasuki Pura Besakih, kamu harus menggunakan sarung yang bisa kamu pinjam di sekitar lokasi.

3. Rumah Pohon Batu Molenteng

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bisnis Online | Desy Krisma (@desy_krisma) pada

Salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi di Bali yakni Rumah Pohon Batu Molenteng.  Saat berada di atas rumah pohon ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang mempesona dari sekitarnya. Dari Rumah Pohon Batu Molenteng, kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai Atuh dengan pulau-pulau kecil yang mirip Raja Ampat,  tebing-tebing tinggi, dan batu-batuan karangnya yang memanjakan mata. Objek wisata menarik ini berlokasi di ujung Nusa Penida, lebih tepatnya menghadap Pantai Atuh.

4. Pasar Seni Ubud

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Oneworld Ayurveda (@oneworldayurveda) pada

Bila kamu ingin berbelanja dan berburu oleh-oleh khas Bali, Pasar Seni Ubud ini tempatnya. Tak hanya berbelanja saja, di kawasan ini kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan tradisional khas Bali. Pasar ini menjual berbagai aksesoris, buah tangan, dan barang-barang tradisional khas Bali lainnya. Di depan Pasar Ubud kamu juga bisa menjumpai Puri Agung Ubud yang dulunya merupakan bangunan bekas pemerintahan Kerajaan Ubud.

5. Gemitir Garden

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aston Denpasar Hotel (@astondenpasar) pada

Gemitir Gaden menawarkan keindahan hamparan taman bunga marigold sebagai daya tarik utamanya. Objek wisata satu ini terletak di Desa Balok, Badung. Lokasinya sendiri juga cukup berdekatan dengan Kebun Raya Bali. Buat kamu yang hobi berfoto, Gemitir Garden bisa jadi spot foto keren yang menyuguhkan latar kebun bunga marigold yang cantik. Menarik, ya.

Itu dia 20 tempat wisata dari beragam kota populer di Indonesia. Dari beragam kota di atas, mana nih yang ingin kamu kunjungi lebih dulu? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar