Informasi Wisata Kota Tua Jakarta dan Semarang sekaligus dengan Rekomendasi Tempat Menariknya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 25 Februari 2020 23:16
Informasi Wisata Kota Tua Jakarta dan Semarang sekaligus dengan Rekomendasi Tempat Menariknya
Berjalan-jalan ke Kota Tua bisa jadi pilihan wisata yang menarik. Berikut ini informasi mengenai Kota Tua Jakarta dan Semarang.

Kota tua memang memiliki pesonanya sendiri dalam hal wisata. Bangunan arsitekturnya yang khas dan suasana tempo dulu yang kental menjadi daya tarik dari kota tua. Beberapa kota tua yang populer di Indonesia diantaranya adalah Kota Tua Jakarta dan Kota Lama Semarang.

Kedua kota tersebut menyajikan kawasan kota tua yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Tak hanya menyusuri jalanan dengan gedung-gedung bergaya khas Eropa, kamu juga bisa berkunjung ke sederet wisata di sekitarnya.

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Kota Tua Jakarta dan Semarang, berikut ini informasi lengkap mengenai wisata Kota Tua Jakarta dan Semarang sekaligus rekomendasi tempat menariknya yang dirangkum dari berbagai sumber (24/02). Gulir ke bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Wisata Kota Tua Jakarta

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yusi Neneng Setiyawati (@yusi.ns) pada

Tak hanya gedung-gedung tinggi atau kemacetan aja yang ada di Jakarta, kamu bisa menikmati suasana berbeda di Ibukota dengan mengunjungi kawasan Kota Tua Jakarta. Kawasan ini terletak di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Kamu bisa merasakan nuansa tempo dulu yang kental dengan didukung berbagai jejeran bangunan berarsitektur menarik khas Eropa lama.

Sekitar kawasan Kota Tua Jakarta ini juga banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Terutama buat kamu yang menyukai sejarah, kawasan ini bisa dikatakan sebagai surga. Sebut saja Museum Fatahillah, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Jembatan Kota Intan, Toko Merah, dan lainnya.

Menarik kan kamu bisa berjalan-jalan ke berbagai destinasi wisata dalam satu kawasan. Satu hal lagi, kawasan kota tua ini juga sangat instagrammable sebagai spot foto dengan bangunan-bangunan tua sebagai latarnya.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kota Tua

Sebelumnya, kita sudah menyinggung sedikit ya tentang tempat menarik di sekitar kawasan Kota Tua Jakarta. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi wisata yang engak boleh kamu lewatkan. Cek ada apa saja, yuk!

1. Museum Fatahillah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lita PS (@litaps) pada

Museum Fatahillah ini bisa dikatakan sebagai ikon dari Kota Tua Jakarta. Pastinya sangat sayang dong jika kamu melewatkan untuk berkunjung ke sana. Dulunya, Museum Fatahillah merupakan gedung balai kota sekaligus ruang pengadilan. Bahkan, kamu juga bisa menjumpai penjara bawah tanah di dalamnya.

Museum Fatahillah ini memiliki koleksi berbagai benda bersejarah dan juga peninggalan dari Kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara. Diantaranya seperti koleksi keramik, gerabah, perabotan era penjajahan Belanda, dan lainnya. Jadi, jangan lewatkan berkunjung ke museum ini ya saat berwisata ke Kota Tua.

2. Museum Bank Indonesia

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh todingpictures (@todingpictures) pada

Museum selanjutnya yang tak kalah menarik yakni Museum Bank Indonesia. Arsitektur museum ini sangat lekat dengan gaya khas kolonial Belanda. Berdiri sejak 1828, Museum Bank Indonesia merupakan peninggalan dari De Javasche Bank.

Di museum ini kamu bisa menyaksikan berbagai informasi seputar perkembangan dunia perbankan Indonesia. Bahkan, sebelum penjajahan Belanda dan Jepang. Bangunannya sendiri juga sangat cantik dijadikan spot foto.

3. Jembatan Kota Intan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rima Mariana (@rimmastar_) pada

Bergeser sedikit dari kawasan kota tua kamu bisa menjumpai jembatan tertua yang ada di Indonesia. Yap, Jembatan Kota Intan. Jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan VOC, tepatnya tahun 1628 silam.

Dulunya, jembatan ini digunakan sebagai pusat pelayaran dan perdagangan VOC. Jembatan Kota Intan ini terbuat dari kayu dan memiliki model yang sedikit terangkat.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rachmawati (@rahmawati01308) pada

Masih tentang museum, Museum Seni Rupa dan Keramik ini bisa kamu jadikan destinasi wisata selanjutnya. Di sini, kamu bisa menjumpai beragam karya seni yang tak hanya berasal dari Indonesia saja tapi juga Eropa dan Asia.

Bahkan, kamu juga bisa melihat jenis keramik tua yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit di museum ini. Bangunan Museum Seni Rupa dan Keramik juga tampak sangat menarik, apalagi bagian depannya yang memiliki tiang-tiang besar berwarna putih.

5. Museum Wayang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fotoin (@mariifoto_) pada

Memang kawasan wisata kota tua Jakarta didominasi oleh museum, salah satunya Museum Wayang ini. Museum ini menyajikan berbagai koleksi wayang dari beberapa negara seperti Tiongkok, Thailand, Suriname, dan Kamboja, selain dari Indonesia juga pastinya. Biasanya, setiap bulannya di tempat ini juga digelar pertunjukan wayang yang bisa kamu nikmati.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arcadia by Horison Mangga Dua (@hotelhorisonarcadia_jakarta) pada

Tak hanya siang hari aja, menikmati pesona kota tua Jakarta juga tak kalah menarik di malam hari. Cahaya lampu-lampu yang menghiasi bangunan tua di kawasan ini pada malam hari menghadirkan daya tarik tersendiri.

Saat malam hari pun kawasan kota tua tetap ramai pengunjung, terutama di sekitar lapangan bagian depan Museum Fatahillah. Jadi, kamu enggak perlu khawatir untuk berjalan-jalan di kota tua pada malam hari.

Sambil berjalan-jalan kamu juga bisa sekalian mencicipi kuliner yang ada. Banyak berbagai macam kuliner legendaris yang bisa kamu nikmati di sekitar kawasan ini. Sebut saja kerak telor khas Betawi, ketoprak, es selendang mayang, tahu gejrot, dan masih banyak lagi lainnya.

4 dari 4 halaman

Wisata Kota Tua Semarang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Semarang (@seputarsemarang) pada

Selain Jakarta, Semarang juga memiliki kawasan kota tua yang tak kalah populer dan menarik juga untuk dikunjungi. Kawasan kota tua ini lebih dikenal dengan sebutan Kota Lama Semarang. Dulunya, kawasan ini merupakan pusat perdagangan pada abad ke 19-20.

Sama halnya dengan kota tua Jakarta, di sepanjang kawasan Kota Lama Semarang kamu akan disuguhi deretan bangunan khas Eropa yang masih berdiri kokoh sampai sekarang. Bahkan, kawasan ini juga disebut dengan "Little Netherland".

Banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota Lama Semarang. Salah satu yang menjadi ikonnya yakni Gereja Blenduk. Selain tempat ikonik ini, masih banyak tempat menarik lainnya seperti Taman Srigunting, Gedung Marba, Semarang Contemporary Art Galerry, Semarang Kreatif Gallery, dan lainnya.

Selain tempatnya yang bernuansa khas Eropa tempo dulu, kafe-kafe di sekitarnya juga tak jauh beda. Sebut saja Spiegel Bar & Bistro, Tekodeko Koffienhuis, dan MGM Cafe Gallery. Sangat menarik, ya.

Bagaimana, sudah menentukan tujuan ke Kota Tua Jakarta atau Semarang liburan kali ini?

Beri Komentar