Ini Lho 9 Hutan Terluas di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 20 Maret 2020 17:51
Ini Lho 9 Hutan Terluas di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?
Hutan memiliki peran penting sebagi paru-paru dunia.

Di seluruh penjuru dunia, ada beberapa hutan yang memiliki luas yang cukup besar. Bahkan ada yang diklaim sebagai hutan terluas di dunia. Nah, ternyata ada beberapa hutan terluas di Dunia. Bahkan salah satunya ada di Indonesia lho. Di mana aja ya?

1 dari 9 halaman

1. Australia

Hutan Australia

Australia terkenal dengan satwa seperti kanguru, koala, walabi, dan lain-lainnya. Keberagaman satwa di Australia ini karena begitu luasnya hutan di tempat ini. Hutan di Australia memiliki luas 1,4 juta km persegi.

2 dari 9 halaman

2. Brasil

Hutan Brasil

Terkenal dengan hewannya yang ganas, Brasil memiliki hutan yang cukup terkenal yakni hutan Amazon. Jika ditotal, seluruh hutan yang ada di Brasil seluas 4,7 km persegi.

3 dari 9 halaman

3. Rusia

Hutan Rusia

Bisa dibilang Rusia memiliki hutan terluas di dunia. Luas hutan yang ada di negara ini mencapai 7,7 juta kilometer persegi.

4 dari 9 halaman

4. Cina

Hutan Cina

Dilansir dari berbagai sumber, FAO mengatakan, Cina mengalami perluasan yang paling signifikan sejak 1990. Dari hanya 1,5 juta km persegi menjadi 1,8 juta kilometer persegi.

5 dari 9 halaman

5. Kongo

Hutan Kongo

Kalau di Kongo, luas hutannya sama dengan di Cina. Negara yang berada di Afrika Tengah ini memiliki hutan asri seluas 1,8 juta km persegi.

6 dari 9 halaman

6. Kanada

Hutan Kanada

Kanada punya hutan seluas 3,5 juta km persegi. Sebanyak 96 persen hutan di Kanada ini adalah milik publik. Selain itu, kelestariannya juga masih terjaga.

7 dari 9 halaman

7. Amerika Serikat

Hutan Amerika

Amerika punya hutan seluas 3 juta km persegi. Selain itu, ada fakta unik di mana hutan di Amerka menyimpan pohon terbesar di dunia yaitu Sequoiadendron Giganteum.

8 dari 9 halaman

8. Argentina

Hutan Argentina

Akibat hasil kedelai yang sukses, masyarakat lebih memilih menanam kedelai ketimbang mempertahankan hutan. Sehingga terjadi penyusutan dan kini luasnya hanya sekitar 945 ribu km persegi.

9 dari 9 halaman

9. Indonesia

Hutan Indonesia

Bisa dibilang Indonesia punya luas hutan terkecil diantara 8 negara ini. Luas hutan di Indonesia hanya 884 ribu km persegi. Sehingga terus berupaya bahkan dengan program tanam satu miliar pohon untuk memperluas kawasan hutannya.

Beri Komentar