Jalan-jalan Singkat ke Area Terlarang Sha Tau Kok di Hong Kong, Seberapa Misterius di Dalamnya?

Reporter : Aditia Lestari
Rabu, 3 Juli 2024 15:29
Jalan-jalan Singkat ke Area Terlarang Sha Tau Kok di Hong Kong, Seberapa Misterius di Dalamnya?
Ternyata ini lho keunikan area Sha Tau Kok dan alasannya kenapa sempat ditutup bahkan disebut misterius!

Jalan-jalan ke Hong Kong memang tak lepas dari hiruk pikuk dunia metropolitannya. Tapi siapa sangka, wisatawan juga bisa mengunjungi area misterius hidden gem yang berbeda banget dengan kehidupan gemerlap Hong Kong. Namanya adalah Sha Tau Kok.

Nah, untuk mengunjungi Sha Tau Kok, dibutuhkan surat izin dan pemeriksaan. Area ini harus banget masuk dalam agenda liburan kamu kalau bertandang ke Hong Kong.

Beberapa waktu lalu, Diadona dapat kesempatan melakukan trip ke area misterius Sha Tau Koj dengan Hong Kong Tourism Board. Terletak di ujung utara Hong Kong, Sha Tau Kok bagaikan mutiara tersembunyi yang baru saja mulai berkilau. Dahulu terlarang untuk dikunjungi selama puluhan tahun, area ini kini telah dibuka untuk umum, menawarkan pesona sejarah, budaya, dan alam yang memikat bagi para petualang.

1 dari 3 halaman

Cara Masuk ke Sha Tau Kok

Sha Tau Kok di Hong Kong© Istimewa

Dalam kesempatan trip ini, Diadona sekaligus menjelajahi sejarah mengapa area ini sempat tertutup dan disebut misterius. Sha Tau Kok ditetapkan sebagai daerah tertutup perbatasan pada tahun 1951 silam. Pada Januari 2024 ini, area ini resmi dibuka dan bisa dikunjungi wisatawan.

Namun, tentu saja membutuhkan izin masuk yang bisa didapatkan melalui aplikasi Tourism Closed Area Permit di platform online Kepolisian Hong Kong. Pastikan Anda memiliki paspor dan dokumen perjalanan yang valid, seperti tiket pesawat atau kode booking hotel.

Penting untuk diketahui bahwa kunjungan ke Sha Tau Kok harus didampingi oleh pemandu wisata lokal. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kelancaran perjalananmu.

Jumlah pengunjung ke Sha Tau Kok dibatasi untuk menjaga kelestarian alam dan budayanya. Oleh karena itu, pengajuan izin harus dilakukan melalui aplikasi online yang dibuka pada hari pertama setiap bulan untuk kunjungan bulan berikutnya. Kuota pengunjung dibatasi hingga 1.000 orang, dengan rincian 700 pengunjung grup dan 300 wisatawan perorangan.

2 dari 3 halaman

Apa Aja yang Ada di dalam Sha Tau Kok?

Sha Tau Kok di Hong Kong© Istimewa

Saat masuk ke dalam Sha Tau Kok, kamu tidak akan menemukan bangunan misterius seperti cerita-cerita seram, justri malah menemukan rumah dan jalanan bak komplek perumahan dengan fasilitas lengkap seperti sekolah, bus, sampai pemadam kebakaran.

Salah satu yang populer adalah Chung Ying Street, dulunya terlarang karena berbatasan dengan Tiongkok Daratan, kini terbuka untuk umum. Pengunjung dapat menjelajahi jalan unik ini, mengamati dek observasi, dan bahkan melihat model lokomotif kuno.

 

 

3 dari 3 halaman

Sha Tau Kok di Hong Kong© Istimewa

Lalu ada juga Kantor Pos Sha Tau Kok, dengan kotak surat peninggalan Inggris yang ikonik, menambah pesona sejarah desa ini. Jumlah kotak surat yang terbatas menjadikannya semakin istimewa.

Nah, di dalamnya juga ada Yantian District yang sebenarnya sudah masuk wilayah Shenzhen, China. Wilayah ini hanya dipisahkan oleh sungai kecil yang kini sudah surut.

Menarik kan? Sha Tau Kok wajib deh masuk list destinasi liburan kamu kalau berkunjung ke Hong Kong!

Beri Komentar