Jenis-jenis Turis yang Tidak Biasa. Apakah Kamu Salah Satunya?

Reporter : Mila
Sabtu, 4 Januari 2020 11:57
Jenis-jenis Turis yang Tidak Biasa. Apakah Kamu Salah Satunya?
Di luar sana ternyata ada banyak jenis turis yang berbeda.

Ketika kita berpikir tentang seorang turis, kita biasanya membayangkan orang-orang mengenakan topi besar yang berkeliling dengan bus dan kamera menggantung di leher mereka atau mereka yang biasanya berjemur di pantai dengan bikini dan celana pendek. Namun, dilansir dari buzzfeed (4/1), di luar sana ternyata ada banyak jenis turis yang berbeda. Lebih mengejutkannya lagi, banyak dari mereka yang tidak sesuai dengan stereotip dasar seorang turis seperti yang disebutkan di atas.

Jenis-jenis turis ini menjadi kontroversial dan bahkan berbahaya. Selain karena berbahaya, beberapa dari mereka juga melakukan cara yang aneh untuk melakukan travelling. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah!

1 dari 9 halaman

Tombstone Tourism

Tombstone tourism adalah wisatawan yang suka mengunjungi kuburan. Biasanya mereka mengunjungi kuburan orang terkenal atau pahlawan nasional, Tapi tetap saja, menjadikan kuburan sebagai destinasi saat bepergian adalah hal yang tidak biasa sekaligus menarik.

2 dari 9 halaman

Drug Tourism

Drug tourism adalah mereka yang meninggalkan negara sendiri untuk pergi ke negara lain dengan niat mencari narkoba. Sebagai contoh, banyak turis biasanya sering bepergian ke Kolombia hanya untuk membeli dan menggunakan kokain. Hal ini dikarenakan harga kokain di kolombia lebih murah menurut beberapa negara dan mendapatkannya pun jauh lebih mudah.

3 dari 9 halaman

Atomic Tourism

Seperti namanya, turis ini tidak jauh berpusat dari senjata nuklir. Turis jenis ini suka mengunjungi museum nuklir, daerah pengembangan senjata nuklir, atau bahkan daerah yang telah dihancurkan oleh senjata nuklir. Destinasi populer di AS salah satunya adalah Titan Missile Museum di Tucson di Arizona, tempat rudal nuklir digunakan untuk disimpan. Turis hanya diperbolehkan masuk pada tanggal yang ditentukan dua kali setahun.

4 dari 9 halaman

Gun Tourism

Berbeda dengan AS, tidak setiap negara mengizinkan warganya untuk memiliki senjata seperti pistol atau senapan sendiri. Maka dari itu, mereka datang ke AS untuk memuaskan keingin tahuan mereka tentang senjata di lapangan tembak yang disediakan. Hawaii dan Las Vegas adalah salah satu tujuan gun tourism yang paling populer.

5 dari 9 halaman

Sex Tourism

Seperti yang sudah jelas dengan namanya, sex tourism adalah mereka yang bepergian dari satu negara ke negara lain untuk tujuan seks. Tujuan dari para turis tersebut adalah untuk mengeksplorasi seks sebebas mungkin tanpa perlu mengkhawatirkan apapun.

6 dari 9 halaman

Disaster Tourism

Disaster tourism adalah turis yang melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang telah hancur karena bencana alam ataupun buatan manusia. Turis seperti ini juga akrab disebut dengan dark tourism.Mereka tertarik memuaskan keingintahuan tentang bencana alam dan dampaknya.

7 dari 9 halaman

Experimental Tourism

Turis jenis ini adalah turis dengan tujuan mencoba sesuatu yang baru. Tidak ada aturan yang pasti mengenai apa yang harus atau tidak harus dilakukan dari turis jenis ini. Untuk menjadi turis jenis ini pun, tidak harus meninggalkan kota asalmu.

8 dari 9 halaman

Suicide Tourism

Tindakan bunuh diri untuk sebagian besar negara dianggap ilegal, namun tidak di Swiss. Suicide tourism adalah orang yang bepergian dari negara mereka untuk mengakses layanan bunuh diri di Swiss. Duh, mengerikan ya?

9 dari 9 halaman

Slum Tourism

Slum tourism akan mengunjungi daerah-daerah rumah kumuh di suatu negara hanya untuk melihat seperti apa kehidupan mereka disana. Tujuan yang paling populer antara lain, Manila di Filipina, Rio de Janerio di Brasil, dan Mumbai di India. Slum tourism sangat kontroversial karena mereka dianggap hanya melihat orang-orang miskin tanpa membantunya. Namun, pendukung Slum tourism mengatakan bahwa ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran akan kemiskinanan.

Beri Komentar