Menemukan Hidden Gem Desa Wisata Budaya di Hongkong, Aberdeen 1773 Fishing Heritage

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 5 Juli 2024 11:20
Menemukan Hidden Gem Desa Wisata Budaya di Hongkong, Aberdeen 1773 Fishing Heritage
Yuk kita lihat lebih dekat tentang pesona Aberdeen yang penuh sejarah ini, Diazens~

Masih seputar traveling di Hong Kong Diazens, kurang lengkap rasanya kalau belum ke Aberdeen Fishing Heritage. Tempat ini punya ciri khas yang beda dari yang lain dari banyak tempat di Hong Kong yakni sebuah "Desa Apung" yang masih eksis hingga kini.

Begitu kamu melangkah ke Aberdeen Harbour, kamu akan merasa seperti memasuki dunia yang berbeda. Di sini, kamu bisa melihat kehidupan nelayan yang masih mempertahankan tradisi mereka sejak zaman dahulu.

Ada beberapa spot yang pantang kamu lewatkan saat berkunjung ke sini. Beberapa spot tersebut akan kita bahas di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Aberdeen 1773 Fishing Heritage Hongkong© Hong Kong Tourism Board

Sejarah Kampung Nelayan Hong Kong

Aberdeen memiliki sejarah panjang sebagai kampung nelayan. Sejak abad ke-18, tempat ini telah menjadi pusat aktivitas perikanan di Hong Kong. Nelayan di sini menggunakan metode tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Jika kamu penasaran, banyak museum dan pusat informasi di sekitar Aberdeen. Yang paling menarik adalah kamu masih akan melihat sisa-sisa 'kehidupan' nelayan Hong Kong zaman dahulu, yang dikenal hidup di atas kapal.

Oh iya, sampai lupa menjelaskan mengenai detail tempat ini. Jadi Diazens, Aberdeen Harbour terletak di antara pantai selatan Pulau Hong Kong dan pulau terpencil Ap Lei Chau.

2 dari 5 halaman

Aberdeen 1773 Fishing Heritage Hongkong© Hong Kong Tourism Board

Aberdeen Houseboat

Untuk banyak tempat ada beberapa yang sudah tidak lagi difungsikan. Namun, beberapa tempat masih digunakan. Bahkan, di sini ada wholesale fish market dan seafood market. Pasar yang dibangun pada 1950 ini tergolong tertua dan terbesar di Hong Kong. Dari sinilah hampir 80 persen suplai seafood Hong Kong berasal.

Nggak ketinggalan juga Aberdeen Houseboat buah kapal sampan yang disulap menjadi museum kecil. Di dalamnya, terdapat sejumlah artefak, video dan foto komunitas perahu Aberdeen. Mostly, beberapa isi di museum ini menggambarkan kehidupan mereka di atas perahu rumah tradisional Tiongkok ini pada pertengahan 1900an.

3 dari 5 halaman

Aberdeen 1773 Fishing Heritage Hongkong© Hong Kong Tourism Board

Tai Pak Floating Restaurant

Di area Aberdeen ini ada satu spot yang cukup ikonik Diazens yaitu Tai Pak Floating Restaurant. Ini restoran terapung terkenal yang sudah menjadi landmark dari tempat ini.

Bahkan, Ratu Elizabeth II, Jimmy Carter dan Tom Cruise pernah mampir ke tempat ini. Restoran ini juga menjadi tempat syuting film Hollywood. Salah satunya adalah James Bond: The Man with the Golden Gun.

Sayangnya tempat ini masih dalam proses revitalisasi semenjak terbengkalai pada covid-19.

4 dari 5 halaman

Aberdeen 1773 Fishing Heritage Hongkong© Hong Kong Tourism Board

Aberdeen Fisherman's Wharfm

Terakhir nih Diazens, nggak lengkap rasanya kalau ke sini namun tidak membeli oleh-oleh. Untuk urusan ini, kamu bisa langsung mengunjungi Aberdeen fisherman's wharfm yang menjual berbagai souvenir yang unik dan lucu.

Nah, untuk menuju Aberdeen Fishing Heritage ini kamu bisa MTR South Island Line ke Stasiun Lei Tung. Kemudian, keluar dari A1 dan menuju tepi pelabuhan melalui Jalan Wah Ting.

Kemudian, lanjut belok kanan di kawasan pejalan kaki dan berjalan hingga kamu melihat Kuil Hung Shing di sebelah kanan. Nantinya, dermaga berada di sebelah kiri kamu.

Jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa langsung ikut turnya saja ya Diazens. Untuk mengikuti tur ini kalian harus mengeluarkan biaya mulai dari HK$120 (dewasa) dan HK$100 (anak-anak). Ada juga beberapa paket tur yang ditawarkan dengan harga mulai dari HK$220.

Tentu saja, Aberdeen adalah tempat yang kaya akan sejarah dan budaya. Mengunjungi tempat ini akan memberikan kamu wawasan baru tentang kehidupan tradisional nelayan di Hong Kong. Gas nggak nih ke sini?

Beri Komentar