Mengeksplor Pesona Pulau Mengkudu, Surga Bahari di Lampung Selatan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 25 Desember 2020 08:10
Mengeksplor Pesona Pulau Mengkudu, Surga Bahari di Lampung Selatan
Pulaunya keren banget, nih.

Nama Pulau Mengkudu mungkin masih asing di telinga kalian. Akan tetapi, bagi masyarakat Lampung, Pulau Mengkudu jadi objek wisata kekinian yang mulai jadi incaran para pelancong lokal maupun mancanegara.

Pulau Mengkudu ini berlokasi di Desa Totoharjo, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Nah, untuk menuju Pulau Mengkudu, kamu harus membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Pasalnya disana tidak ada angkutan umum, guys.

Meski begitu, lokasi Pulau Mengkudu tak jauh dari Batu Lapis, yakni sebuah tempat indah yang kerap mendapat julukan sebagai Tanah Lot-nya Lampung. Sehingga, Batu Lapis ini menjadi semacam bonus bagi kamu yang berkunjung ke Pulau Mengkudu karena lokasinya sangat berdekatan.

1 dari 2 halaman

Pulau Mengkudu di Lampung Selatan

Sebenarnya, nama Pulau Mengkudu dan Batu Lapis sendiri melejit sejak akhir 2015. Keberadaan pasir timbul menjadi penghubung antara Pulau Mengkudu dan Pulau Sumatra yang merupakan keunikan tersendiri.

Selain itu, pantai di sekitar Pulau Mengkudu juga memiliki pesona yang sangat menghibur mata. Dijamin kamu akan puas deh saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Bahkan, berenang di pantai di Pulau Mengkudu tidak berbahaya karena ombaknya relatif tenang. Hanya saja, kamu tetap memakai alas kaki yang nyaman saat menyusuri pantai sebab di sekitar Pulau Mengkudu terdapat banyak bebatuan.

Menariknya lagi, kalau kamu senang snorkeling, tak ada salahnya mencoba mengintip keindahan bawah laut di Pulau Mengkudu ini, lho.

Tenang, fasilitas di Pulau Mengkudu cukup lengkap, mulai dari toilet, musholla, sarana pemandian hingga tersedia penyewaan gazebo seharga Rp25.000 - Rp100.000 per hari.

2 dari 2 halaman

Pulau Mengkudu di Lampung Selatan

Sedangkan, untuk sewa tenda kapasitas 4 orang kamu cukup merogoh kocek Rp100.000 per malam, dan sewa hammock sekitar Rp5.000 - Rp10.000 per hari. Untuk sewa pelampung, sewa kano, serta sewa camera action/underwater di banderol seharga Rp75.000 per hari.

Sayangnya saat berwisata ke Pulau Mengkudu kamu tidak diperkenankan membawa makanan dari luar, bahkan di sini juga tidak terlalu banyak penjual makanan berat, hanya menawarkan minuman dan makanan ringan saja. Oleh karena itu, saat kelaparan kamu bisa bisa mampir ke rumah makan yang tersebar di kawasan kota Kalianda.

Nah, jika kamu berminat datang Lampung Selatan, ada dua cara menuju Pulau Mengkudu dan Batu Lapis yakni melalui jalur darat dan jalur laut. Namun, untuk jalur darat menuju Pulau Mengkudu ini kurang disarankan karena medannya tergolong sulit. Sementara untuk jalur laut, kamu bisa menyewa perahu dengan biaya Rp 25.000 - 30.000 per orang.

Beri Komentar