Rekomendasi Kota Wisata di Pulau Jawa yang Populer dan Terkenal, termasuk Bandung serta Malang

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 10 Februari 2020 22:28
Rekomendasi Kota Wisata di Pulau Jawa yang Populer dan Terkenal, termasuk Bandung serta Malang
Rekomendasi kota wisata yang populer dan terkenal. Intip yuk beragam rekomendasinya di sini.

Beragam kota di Pulau Jawa memiliki pesonanya masing-masing dalam hal wisata. Banyak tempat menarik yang dimiliki setiap kota sehingga menjadikannya sebagai destinasi populer untuk berwisata. Beberapa diantaranya yakni Kota Bandung, Malang, dan Batu.

Bila kamu sedang mencari rekomendasi kota wisata, kota-kota di atas bisa kamu jadikan pilihan. Lalu, apa saja destinasi wisata yang menarik dari kota tersebut? Nah, untuk itu, berikut ini berbagai kota wisata di Pulau Jawa yang bisa kamu jadikan referensi liburan sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber (10/02). Simak yuk!

1 dari 4 halaman

Wisata Kota Bandung

Rekomendasi kota wisata pertama yakni Bandung. Seperti yang kita tahu jika pesona Bandung memang sudah terkenal. Alamnya yang indah ditambah dengan udara yang sejuk menjadi daya tarik dari kota satu ini. Untuk itu, berikut beragam destinasi wisata menarik yang bis akamu kunjungi di Bandung.

1. Tempat Wisata Alam Ranca Upas

      View this post on Instagram      

A post shared by Novita ???? (@novitas.sr) on

Ranca Upas bisa jadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Bandung. Di sini, kamu bisa berkemah sekaligus bermain bersama rusa. Dengan mengeluarkan dana sekitar Rp. 5 ribu saja, kamu bisa memberi makan rusa-rusa lucu di kawasan ini. Selain berkemah dan bercengkrama bersama rusa, Ranca Upas yang berada di Ciwidey ini juga memiliki beragam wahana outdoor sekaligus pemandian air panas. Lengkap, kan?

2. Little Seoul Bandung

      View this post on Instagram      

A post shared by Lidya Zhang (@lidyazhang24) on

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Korea tapi masih belum sempat, kamu bisa berkunjung dulu ke Little Soul di Bandung ini. Little Seoul ini menawarkan kawasan dengan suasana mirip dengan Korea. Salah satunya dengan adanya berbagai model bangunan dengan arsitektur khas tradisional Korea. Agar semakin lengkap, kamu juga bisa menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea di kawasan ini.

3. Taman Asia Afrika Bandung

      View this post on Instagram      

A post shared by ClickBandung (@clickbandungid) on

Berkunjung ke obyek wisata di Bandung tak melulu memerlukan budget yang mahal. Salah satunya dengan mengunjungi Taman Asia Afrika. Taman ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Bandung.

Saat malam hari, di wisata kota Bandung ini kamu bisa menyaksikan atraksi air mancur berwarna-warni yang menari dengan iringan alunan musik. Lokasi Taman Asia Afrika sendiri juga sangat strategis karena berada di pusat kota. Tepatnya di Jl. Jakarta, Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Bandung.

4. Lampion Park Tegallega

      View this post on Instagram      

A post shared by Info sekitar Bandung (@bandung_hade_bandung_nu_urang) on

Lampion Park Tegallega ini masih tergolong sebagai destinasi wisata baru di Bandung yang diresmikan tahun 2019 silam. Taman lampion ini bisa jadi destinasi wisata menarik buat kamu yang ingin menghabiskan malam di Kota Kembang. Beragam replika patung lampion dinosaurus bisa kamu temukan di sini. Salah satu yang ikonik dari taman ini yakni patung lampion raksasa berbentuk T-Rex.

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Malang

Di wilayah Jawa Timur, Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dan terkenal. Banyak tempat wisata menarik yang ditawarkan kota dengan udara yang cukup sejuk ini. Berikut ini beberapa wisata yang menarik di kota Malang.

1. Malang Night Paradise

      View this post on Instagram      

A post shared by OPEN TRIP & PRIVATE TRIP (@bookingliburan) on

Tak hanya Batu saja yang memiliki taman hiburan malam yang indah, Malang juga punya yakni Malang Night Paradise. Tempat wisata ini sangat menarik dengan gemerlap lampu yang menghiasi seisi taman. Taman ini menyuguhkan dua kawasan yang ciamik yakni Taman Dinosurus dan Taman Lampion dengan beragam wahananya. Salah satu yang menjadi spot favorit yakni light tunnel, yakni terowongan yang dihiasi dengan sekiatr 77 lampu LED yang menarik.

2. Kebun Teh Wonosari

      View this post on Instagram      

A post shared by HijabTraveller | Hijabtravel (@dailyhijabtraveller) on

Kebun teh memang tempat yang sangat pas untuk refreshing dari hiruk pikuk kota dan aktivitas yang padat. Di Batu, kamu juga bisa menyaksikan hamparan hijau perkebunan teh di Kebun Teh Wonosari. Wisata kota Batu ini terletak di Kecamatan Singosari. Tak hanya menyaksikan perkebunan teh saja, kamu juga bisa mencoba beragam aktivitas menarik lainnya. Mulai dari flying fox, berkuda, hingga wall climbing.

3. Pantai Batu Bengkung

      View this post on Instagram      

A post shared by betawibae. (@velisaa___) on

Di pesisir selatan Malang memang menyimpan beragam pantai yang indah, termasuk juga Pantai Batu Bengkung. Panorama tebing-tebing karang di pantai ini sangat mempesona. Satu hal yang unik dari pantai ini yakni saat ombak mulai pasang, akan ada kolam renang alami yang cukup luas di bibir pantainya. Panorama sunset di pantai ini juga sangat mempesona.

4. Masjid Tiban Malang

      View this post on Instagram      

A post shared by MALANG | Event Wisata Kuliner (@malangchannel) on

Tak melulu tentang wisata alam, kamu juga bisa berwisata religi di Malang dengan mengunjungi Masjid Tiban. Masjid cantik ini berlokasi di daerah Turen. Arsitektur masjid ini memang sangat indah dan bernuansa timur tengah. Masjid Tiban sendiri memiliki sembilan lantai. Meski seperti itu, tetap saja ya fungsi utama dari masjid ini adalah sebagai tempat ibadah.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Tua

Kota tua memang menyimpan pesonanya sendiri dalam hal wisata. Bangunan-bangunan dengan nuansa tempo dulu menjadi daya tarik dari wisata satu ini. Nah, berikut ini beberapa wisata kota tua yang menarik di beberapa kota.

1. Kota Tua Jakarta

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????? ???????????????????????????????????????????? (@dehasyim_) on

Meski Jakarta terkenal sebagai kota metropolitan dengan berbagai gedung tingginya, di salah satu sudutnya kamu masih bisa menemukan kawasan dengan bangunan bergaya kolonial. Ya, kawasan ini bernama Kota Tua. Kawasan Kota Tua sendiri juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jakarta.

Di sepanjang kawasan, kamu bisa menyaksikan jajaran gedung-gedung tua bergaya Eropa yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Kawasan ini juga menyajikan beragam tempat menarik yang bisa melengkapi liburanmu seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Gedung Merah, dan tempat wisata menarik lainnya.

2. Kota Lama Semarang

      View this post on Instagram      

A post shared by EXPLORE SEMARANG (@semarang.spotlight) on

Kota Lama Semarang menjadi salah satu destinasi wisata kota tua yang terkenal di kalangan wisatawan. Di sepanjang kawasan ini, kamu akan disuguhi berbagai bangunan dengan arsitektur Eropa lama yang memanjakan mata. Salah satu bangunan yang terkenal dan ikonik di kawasan ini adalah Gereja Blenduk.

Selain beragam bangunan bersejarahnya, kamu juga bisa menyantap kuliner nikmat dan melegenda di sekitar kawasan ini. Juga, berwisata ke beberapa destinasi menariknya seperti Taman Srigunting, Semarang Contemporary Art Gallery, Gedung Marabunta, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya di sekitar Kota Lama ini.

3. Kota Tua Surabaya

      View this post on Instagram      

A post shared by Kurniawan A. (@kurniapang) on

Meski tak sepopuler kedua wisata di atas, Surabaya juga memiliki kawasan kota tua yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Menariknya, kawasan Kota Tua Surabaya ini memiliki tiga bagian kawasan yakni Kampung Arab, Kampung Cina, dan Kampung Eropa.

Di setiap bagiannya, kawasan tersebut menghadirkan bangunan gayanya masing-masing. Di Kawasan Eropa, banyak bangunan-bangunan megah dengan arsitektur Eropa lama. Beberapa diantaranya seperti De Javasche Bank, Gedung Bank Mandiri, dan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria.

Untuk kawasan pecinan, kamu bisa menjumpai beragam bangunan khas Tionghoa dengan beberapa klentengnya. Kawasan pecinan ini terpusat di Jl. Kembang Jepun yang berbatasan dengan Jalan Panggung.

4 dari 4 halaman

Wisata Kota Batu

Dekat dengan Malang, Kota Batu juga menawarkan berabagai wisata yang menarik serta kekinian. Berikut ini sederet wisata di Kota Batu yang wajib kamu kunjungi. Langsung simak di bawah ini, ya!

1. Museum Angkut

      View this post on Instagram      

A post shared by Yunii Wulann (@yunni_wulann25) on

Museum Angkut ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Batu, terutama bagi kalangan anak muda. Wisata Kota Batu ini menyajikan beragam alat transportasi yang cukup lengkap dari segi asal maupun tahun.

Di dalam Museum Angkut terdapat beragam zona dengan tema yang berbeda-beda. Diantaranya Zona Batavia, Zona Pecinan, Zona Amerika, dan masih banyak lagi zona lainnya. Tak hanya berfoto di sampingnya saja, menariknya kamu juga bisa berfoto sambil menaiki beberapa alat transportasi di museum ini.

2. Museum D'Topeng Malang

      View this post on Instagram      

A post shared by D'Topeng Kingdom Museum (@dtopengkingdommuseum) on

Tak jauh dari Museum Angkut, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke museum D'Topeng Malang karena lokasi keduanya memang cukup berdekatan. Di museum ini, kamu bisa menyaksikan beragam koleksi topeng khas berbagai daerah di Indonesia diantaranya Kalimantan, Jawa Timur, hingga Papua. Selain topeng, Museum D'Topeng juga memiliki koleksi benda pra sejarah hingga zaman Majapahit yang bisa kamu nikmati.

3. Batu Might Spectacular (BNS)

      View this post on Instagram      

A post shared by Febayyy (@febiwaw) on

Batu Night Spectacular merupakan salah satu destinasi wisata malam yang menarik di Kota Batu. Seperti namanya, taman hiburan ini buka mulai sore hingga malam hari. Lebih tepatnya dari jam 3 sore hingga 11 malam.

BNS sendiri meyajikan berbagai wahana permainan menarik dan juga taman lampion yang sangat cantik di malam hari. Sangat pas sekali buat kamu yang hobi berfoto. Jika kamu lapar atau ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Batu Night Spectacular juga menyediakan night market yang bisa kamu jelajahi.

4. Taman Labirin

      View this post on Instagram      

A post shared by Malang Terkini (@malangterkini) on

Ingin mersakan serunya mencari jalan keluar dari labirin? Nah, kamu bisa mencobanya secara langsung di Taman Labirin. Taman ini masih berada satu kawasan dengan Coban Rondo yang berada di daerah Pujon.

Di sini, kamu bisa merasakan sensasi memecahkan jalan keluar dari labirin setinggi 2 meter yang terbuat dari tanaman asli. Jika kamu khawatir akan tersesat, sebelumnya kamu bisa nih meminta teman atau keluarga kamu untuk berjaga di menara pantau yang tersedia. Jadi, sudah siap berpetualang di Labirin?

Sangat menarik kan berbagai destinasi kota wisata di atas. Nah, apa kotamu juga termasuk salah satunya?

Beri Komentar