Tempat Wisata Kalibiru Kulon Progo dan Sekitarnya Lengkap dengan Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 29 Januari 2020 22:29
Tempat Wisata Kalibiru Kulon Progo dan Sekitarnya Lengkap dengan Paketnya
Tempat wisata Kalibiru dan sekitarnya yang bisa jadi destinasi wisata menarik untuk liburanmu!

Yogyakarta bisa dikatakan sebagai provinsi dengan sejuta wisata. Banyak berbagai destinasi wisata yang bisa kamu explore di provinsi satu ini. Salah satunya tempat wisata Kalibiru. Kalibiru sendiri adalah sebuah nama hutan yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisata Kalibiru menawarkan panorama alam yang indah. Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Jogja, kamu bisa menikmati keindahan wisata alam yang menjadi salah satu destinasi populer di Yogyakarta ini. Jika kamu ingin mengenal lebih jauh tentang wisata Kalibiru, yuk simak sederet informasinya yang telah dilansir dari beragam sumber (29/01) di bawah ini. Gulir ke bawah, ya!

1 dari 5 halaman

Wisata Alam Kalibiru

      View this post on Instagram

A post shared by nafiah_lafiana (@nfh_lfn) on

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, Wisata Alam Kalibiru ini merupakan hutan yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat yang dijadikan sebagai objek wisata alam. Tempat wisata ini menawarkan menyaksikan panorama indah Kulon Progo dari ketinggian. Dari atas gardu pandang di wisata Kalibiru ini kamu bisa melihat hamparan hijau dari Bukit Menoreh dan juga Waduk Sermo yang indah. Wisata Kalibiru ini bisa kamu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jogja.

2 dari 5 halaman

Desa Wisata Kalibiru

      View this post on Instagram

A post shared by andriepurno (@andriepurno) on

Desa Wisata Kalibiru terletak di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Dulunya, hutan di kawasan ini tandus dan gersang karena adanya pembalakan liar. Tapi, atas inisiatif warga setempat yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap lestari akhirnya mengelola hutan Kalibiru agar kembali hijau.

Pastinya proses ini memakan waktu yang sangat panjang. Namun, sekarang kita bisa melihat hasil dari kerja keras masyarakat setempat yang saat ini Klaibiru menjadi hutan wisata yang mempesona. Bentang alam yang asri dan hamparan bukit yang hijau menjadi daya tarik dari Desa Wisata Kalibiru.

Berada di daerah perbukitan juga membuat kawasan ini memiliki udara yang segar. Sangat cocok banget kan buat kamu yang sedang mencari tempat menyegarkan pikiran dan "kabur" sebentar dari hiruk pikuk kota. Di Desa Wisata Kalibiru ini juga tersedia beragam fasilitas mulai dari gardu pandang, perpustakaan hingga wahana permainan seperti outbound dan flying fox.

3 dari 5 halaman

Wisata Kalibiru Jogja

      View this post on Instagram

A post shared by THABARANI APRILIA SUSANTI (@thabaraniaprls04) on

Wisata Kalibiru Jogja ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Jogja. Berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Gudeg, Jogja. Untuk mencapai wisata Kalibiru ini ada beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa kamu pilih yakni melalui rute Sermo, Clereng dan Kota.

Salah satu waktu terbaik berkunjung ke Wisata Kalibiru ini yakni pada sore hari atau menjelang senja. Karena, panorama matahari terbenam dari kawasan ini sangat indah. Panorama sunrise juga tak kalah indah jika dilihat dari wisata Kalibiru ini. Nah, agar kamu enggak ketinggalan kamu bisa menginap di kawasan ini.

Untuk menikmati keindahan wisata Kalibiru kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 15 ribu per orangnya belum termasuk parkir dan spot foto maupun wahananya. Nah, untuk jam operasionalnya sendiri wisata Kalibiru ini buka mulai dari jam 6 pagi sampai 5 sore.

4 dari 5 halaman

Paket Wisata Kalibiru

Ilustrasi liburan bersama teman

Saat ini, sudah banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata Jogja termasuk juga Kalibiru ini. Biasanya, di paket wisata Kalibiru ini kamu tak hanya akan berkunjung ke Kalibiru saja tapi juga destinasi wisata menarik di sekitarnya juga. Beberapa diantaranya seperti Waduk Sermo, Pantai Glagah, dan Pule Payung. Pastinya, semuanya tergantung dengan agen perjalanan yang kamu pilih ya.

Salah satu paket wisata Kalibiru yang banyak ditawarkan yakni paket wisata satu hari atau one day. Dengan memilih paket ini, selama seharian kamu akan berkeliling ke beberapa destinasi sekaligus termasuk juga Kalibiru tentunya yang menjadi destinasi utamanya. Paket wisata ini biasanya ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 445 ribu sampai Rp. 675 ribu tergantung dengan jumlah rombongan tentunya.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Sekitar Kalibiru

Tempat wisata di sekitar kalibiru juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut ini rekomendasi destinasi wisata di sekitar Kalibiru yang menarik. Langsung gulir ke bawah, yuk!

1. Waduk Sermo

      View this post on Instagram

A post shared by Info Wisata Murah (@info.wisatamurah) on

Tak hanya melihat dari ketinggian wisata Kalibiru saja, kamu juga bisa mengunjungi langsung Waduk Sermo. Panorama waduk ini juga sangat memukau dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya. Buat kamu yang suka memancing, Waduk Sermo juga menyediakan fasilitas pemancingan.

Selain menikmati keindahan waduk ini dari tepiannya saja, kamu bisa lebih dekat lagi dengan menyewa perahu wisata untuk berkeliling di kawasan Waduk Sermo ini. Jika tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi waduk yang diresmikan tahun 1996 ini di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

2. Pule Payung

      View this post on Instagram

A post shared by YOGYAKARTA (@wisatadiyogyakarta) on

Tempat wisata di sekitar Kalibiru selanjutnya yakni Pule Payung. Pule Payung merupakan tempat wisata buatan dengan berlatar perbukitan dan Waduk Sermo yang indah. Tempat wisata ini juga sangat cantik sebagai spot foto. Nah, jadi jangan lupa isi penuh baterai kamera atau handphonemu ya saat berkunjung ke Pule Payung. Untuk fasilitas, tak usah khawatir karena fasilitas di Pule Payung cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat ibadah, hingga tempat makan semuanya tersedia di wisata ini.

3. Air Terjun Kedung Pedut

      View this post on Instagram

A post shared by Erwin Yudhistira (@erwin_yudhistira) on

Sekarang, kita bergeser lagi ke wisata alam yang ada di sekitar Kalibiru. Kali ini adalah air terjun. Air Terjun Kedung Pedut ini memiliki pemandangan yang menawan dengan suasana yang asri di sekelilingnya. Airnya yang berwarna biru dan jernih juga semakin menabah keindahan wisata ini. Lokasi Air Terjun Kedung Pedut sendiri berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, kabupaten Kulon Progo.

Itu dia sederet informasi tentang wisata Kalibiru sekaligus dengan destinasi wisata di sekitarnya. Semoga membantu dan selamat menjelajahi wisata Kalibiru, ya!

Beri Komentar