14 Tips Aman Solo Traveling Buat Perempuan, Baik Wisata Domestik atau ke Luar Negeri

Reporter : Yoyok
Kamis, 4 Juli 2024 11:08
14 Tips Aman Solo Traveling Buat Perempuan, Baik Wisata Domestik atau ke Luar Negeri
Solo traveling bagi perempuan nyatanya masih menjadi masalah di berbagai tempat di belahan dunia. Ada beberapa tips yang patut diikuti.

Buat Diazens yang ingin liburan sendirian, tentu perlu mengetahui beberapa tips aman dalam solo traveling buat perempuan. Jangan sampai liburan yang harusnya bersenang-senang, jadi mendapatkan pengalaman yang tak menyenangkan.

Faktanya, solo traveling bagi perempuan, masihlah belum aman. Bahkan, ada beberapa negara berbahaya bagi traveler perempuan. Sudah banyak kasus solo traveler perempuan yang berakhir sial. Tidak hanya dirampok, banyak juga yang menjadi korban pembunuhan.

Maka dariitu, kamu tidak bisa asal berangkat ketika melakukan solo traveling, terutama untuk perempuan. Ada beberapa tips aman saat solo traveling buat perempuan yang perlu diketahui. Simak tipsnya berikut ini:

1 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Lakukan Riset Destinasi

Tips aman pertama solo traveling buat perempuan yaitu dengan melakukan riset. Sebelum berangkat, lakukan riset tentang tempat yang akan dikunjungi. Pelajari budaya, kebiasaan lokal, dan area yang aman untuk dikunjungi.

Contohnya seperti lokasi tempat menginap, lingkungan destinasi wisata, hingga transportasi yang digunakan.

Gunakan Akomodasi Terpercaya

Tips kedua yaitu dengan memilih akomodasi yang tepat. Pilihlah akomodasi yang memiliki ulasan baik dari tamu sebelumnya. Hostel, hotel, atau penginapan yang terpercaya biasanya memiliki standar keamanan yang lebih baik.

Jangan ragu buat merogoh kocek lebih dalam demi keamanan di tempat asing.

2 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Beritahu Rencana Perjalanan

Jangan lupa untuk memberitahu keluarga atau teman terdekat tentang rencana perjalanan, termasuk jadwal dan lokasi tempat menginap. Update mereka secara berkala.

Jika sesuatu terjadi padamu, maka keluarga dan kerabat bisa bertindak.

Pelajari Rute Perjalanan Wisata

Tips aman solo traveling buat perempuan selanjutnya yaitu dengan mempelajari rute dan siap sedia peta. Selalu bawa peta lokal atau dengan menggunakan aplikasi navigasi dan pelajari rute ke tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Ini membantu mengurangi kemungkinan tersesat yang sangat mungkin dialami oleh solo traveler.

3 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Waspada dengan Barang Bawaan

Tips aman solo traveling buat perempuan berikutnya yaitu jangan lupa untuk mengawasi barang bawaan. Simpan barang berharga seperti paspor, uang, dan kartu kredit di tempat yang aman.

Gunakan money belt atau dompet anti-pencurian. Kalau bisa gunakan e-money untuk melakukan berbagai pembayaran.

Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, kamu tidak perlu atau malah jangan membawa banyak terlalu banyak. Bawalah barang-barang yang benar-benar diperlukan saja.

Terlalu banyak barang bisa membuatmu lebih mudah menjadi target pencurian atau aksi kriminal lainnya.

4 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Gunakan Transportasi Resmi

Tips berikutnya yaitu selalu menggunakan transportasi resmi seperti taksi berlisensi atau layanan ride-sharing yang terpercaya. Hindari naik kendaraan dari orang yang tidak dikenal.

Bisa jadi, mereka berniat jahat dan membawamu ke suatu tempat yang asing.

Hindari Keluar Sendirian di Malam Hari

Kalau memungkinkan sih, hindari berjalan-jalan sendirian di malam hari. Jika harus keluar, pilihlah area yang ramai dan terang.

Aksi kejahatan atau kriminal sering kali dilakukan pada malam hari, dan tidak jarang wisatawan yang menjadi targetnya.

5 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Percaya pada Insting

Jangan ragu untuk mempercayai insting ketika merasa ada yang nggak beres. Kalau kamu merasa tidak nyaman atau merasa ada yang tidak beres, percayalah pada insting dan cari tempat yang aman. Insting bisa menjadi filter defensif pertama ketika merasakan ada bahaya.

Pelajari Sedikit Bahasa Lokal

Menguasai bahasa lokal bisa menjadi tips aman solo traveling selanjutnya buat perempuan. Menguasai beberapa frasa dasar dalam bahasa lokal bisa sangat membantu, terutama dalam situasi darurat.

Tips ini bisa diterapkan buat kamu yang mau wisata lokal apalagi keluar negeri.

6 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© 2024 shutterstock.com/Mrz producer

Bawa Alat Keamanan Pribadi

Pertimbangkan untuk membawa semprotan merica atau alat keamanan pribadi lainnya untuk berjaga-jaga. Hindari membawa senjata tajam atau malah senjata api karena nantinya kamu yang malah dikira mau berbuat jahat.

Jaga Privasi

Tips berikutnya yaitu jaga privasi alias jangan sembarangan membagi informasi pribadi. Hindari berbagi terlalu banyak informasi pribadi dengan orang asing, termasuk di media sosial.

7 dari 7 halaman

Tips Aman Solo Traveling buat Perempuan© shutterstock.com

Jangam Mengumbar Info bahwa Kamu Solo Traveling

Terdengar sangat sederhana, namun jangan terlalu mengumbar informasi bahwa kamu sedang melakukan solo traveling, baik itu secara verbal maupun lewat media sosial.

Ketika orang tahu kamu perempuan yang melakukan solo traveling, bisa jadi kamu akan jadi target kejahatan berikutnya karena dirasa rentan jadi korban.

Berbaur dengan Penduduk Lokal

Tips aman solo traveling yang terakhir yaitu jangan ragu berbaur dengan penduduk setempat. Berpakaian dan bertindak sesuai dengan kebiasaan lokal bisa membantumu tidak terlalu menonjol sebagai turis. Kamu juga bisa mengakrabkan diri ke orang-orang sekitar penginapan.

Simpan artikel tips traveling aman ini untuk agenda liburan kamu selanjutnya atau bagikan ke temen kamu yang sedang butuh healing dengan traveling sendirian, ya!

Beri Komentar